Pengertian dan Manfaat Google Ads

0
185
source : BusinessNewsDaily

Dakonan.com(Pengertian dan Manfaat Google Ads). Bagi kalian yang berprofesi sebagai digital marketing pasti tidak asing lagi dengan Google Ads. Saat ini Google Ads merupakan salah satu platform yang sangat efektif untuk menawarkan bisnis maupun layanan yang kalian miliki. Banyak manfaat yang didapat ketika beriklan menggunakan Google Ads

Selain itu Google Ads juga dapat menjangkau orang-orang mengenai produk apa yang sedang mereka cari, jadi bisa disimpulkan Google Ads bisa menentukan target pasarnya. Google Ads juga sangat efektif untuk promosi dan meningkatkan penjualan produk.

Apa itu Google Ads?

Google Ads merupakan salah satu platform periklanan online yang disediakan oleh Google untuk mempromosikan suatu produk. Google Ads dulunya bernama Google Adword tapi mengalami rebranding pada tahun 2018, namun cara kerjanya tetap sama. 

Iklan dalam Google Ads dapat muncul dalam beberapa inventory Google seperti Google Search, Youtube, Gmail, dan beberapa website yang bekerja sama dengan Google. 

Google Ads sendiri dapat menampilkan tayangan iklan dalam 3 bentuk seperti, text, gambar, dan video yang dapat ditampilkan dalam website Anda sesuai dengan target. Tipe iklan Google Ads sendiri ada bermacam macam diantaranya seperti Google Search, GDN (Google Display Network), dan lain-lain. 

Metode pembayaran pada Google Ads ada 3 jenis yaitu

1 . Cost Per Click (CPC)

Dalam metode pembayaran CPC ini iklan akan dibayarkan ketika ada yang mengklik iklan kita, namun jika iklan hanya muncul dan tidak diklik maka iklan tersebut masih gratis. Metode pembayaran iklan jenis CPC ini sangat disarankan bagi teman-teman yang ingin meningkatkan traffic atau kunjungan dalam website.

2 . Cost Per Mile Impression (CPM)

Iklan akan dibayarkan ketika tayangan iklan sudah mencapai 1000 tayangan, maka ketika iklan sudah tayang sebanyak 1000 tayangan Google baru akan memberikan penagihan biaya penayangannya. Model iklan CPM ini cocok untuk teman-teman yang ingin meningkatkan tayangan iklan .

3 . Cost Per Acquisition (CPA)

Model pembayaran iklan jenis CPA ini biasanya ditagihkan jika terjadi konversi, misalnya jika iklan sudah dilihat kemudian di klik dan terjadi transaksi pembelian maka Google baru akan memberikan biaya penagihannya. Metode ini cocok untuk teman-teman yang ingin meningkatkan penjualan atau sales.

Manfaat beriklan di Google Ads

Beriklan di Google Ads ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat signifikan dibandingkan beriklan secara offline. Pasti setiap metode pemasaran ada kelebihan dan juga kekurangan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika beriklan menggunakan Google Ads.

1 . Memiliki Jangkauan Yang Luas

Jika kita beriklan di Google Ads kita bisa mengatur lokasi yang akan kita gunakan untuk beriklan, apakah satu kota, satu provinsi, satu negara, bahkan seluruh negara sesuai dengan target marketing kita. 

2 . Waktu Tayang Yang Bisa Diatur

Sama seperti ketika menentukan jangkauan lokasi ketika beriklan, waktu tayang juga bisa kita tentukan sendiri. Jika aktifitas online terjadi selama 24 jam nonstop kita juga bisa mensetting iklan kita selama 24 jam atau hanya jam-jam tertentu saja. 

3 . Target Lebih Spesifik

Ketika kita beriklan di televisi kita tidak tahu apakah iklan kita sudah dilihat oleh target kita apa belum, atau bahkan malah yang melihat iklan kita tidak tertarik dengan iklan kita sama sekali. Namun berbeda dengan Google Ads, karena semua berdasarkan kata kunci jadi iklan hanya muncul kepada orang-orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut. 

4 . Tingkat Pengukuran Keberhasilan Yang Tepat

Dengan beriklan di Google Ads kita dapat mengetahui data orang-orang yang melihat iklan, kita, melakukan klik pada iklan kita dan biaya yang kita keluarkan untuk memasang iklan tersebut.

5 . Budget Dapat Diatur

Jika kita beriklan di koran, radio, maupun televisi budget yang harus dikeluarkan sangat besar, terlebih jika kita beriklan di televisi pada waktu premier yang harganya bisa 2 kali lipat. Namun untuk iklan di Google Ads kita bisa menentukan budget sesuai yang kita inginkan dari yang hanya dengan nilai 100 ribuan bahkan bisa sampai jutaan bisa kita tentukan sendiri. 

Demikian pengertian singkat mengenai Google Ads dan beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika beriklan di Google Ads.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here