Obat Herbal Atasi Asma

0
242
source : brackenburyclinic.com

Dakonan.com(Obat Herbal Atasi Asma). Asma adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada saluran paru-paru yang kemudian menyebabkan pembengkakan dan penyempitan saluran udara sehingga menyebabkan penderita menjadi sulit untuk bernafas. Selain dari resep dokter, obat herbal atasi asma ternyata ada disekitar kita. 

Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan asma, namun ada alternatif lain untuk mengatasi asma yaitu menggunakan obat herbal yang ada disekitar kita. Tetapi meskipun obat herbal adalah obat yang alami, bagi anda penderita asma tidak hanya mempertimbangkan keefektifannya tetapi juga keamanannya. 

Selain itu berkonsultasi dengan dokter juga penting jika anda ingin menggunakan obat herbal untuk mengatasi asma. Meskipun obat herbal bisa dibilang aman, tapi ternyata reaksi tiap orang berbeda-beda dengan dengan keefektifan akan obat herbal ini. Ada beberapa orang yang juga alergi terhadap obat herbal tertentu. 

Sebenarnya tidak hanya untuk mengatasi asma saja, tetapi alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter jika anda ingin mengkonsumsi obat atau suplemen jenis tertentu. 

Berikut beberapa bahan-bahan herbal yang bisa anda gunakan untuk mengatasi asma.

1 . Jahe

source : today.com

Jahe merupakan suplemen yang mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan. Namun sampai dengan saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati asma. Sehingga  masih dilakukan penelitian apakah jahe dapat membantu mengurangi gejala asma atau tidak. 

2  . Madu

source : foodnavigator-asia.com

Madu dapat melancarkan saluran pernafasan dan mengurangi rasa gatal penyebab batuk, maka dari itu selain sebagai pereda batuk madu juga bisa diminum untuk meredakan flu. Anda bisa mencampurkan madu dan air panas kemudian ditambah teh herbal untuk meredakan gejala flu maupun batuk. 

Dalam sebuah penelitian, para peneliti memberikan madu yang diubah menjadi gas kepada kelinci dan menemukan gejala asma pada kelinci berkurang. Namun untuk meredakan gejala asma pada manusia belum ada penelitian yang membuktikannya. 

3 . Kafein

source : cbsnews.com

Kandungan kafein yang sering kita temui dalam kopi dan teh hitam ternyata dapat mengurangi kelelahan otot pernafasan. Sebuah studi menunjukkan bahwa kafein sangat efektif untuk mengendalikan gejala asma. 

4 . Minyak Omega-3

source : verywellfit.com

Kandungan minyak omega 3 yang sering kita temukan dalam ikan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya yaitu dapat mengurangi peradangan saluran nafas dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita asma.

5 . Kunyit

source : parenting.firstcry.com

Penyebab utama sma adalah pembengkakan pada saluran pernafasan, jadi mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi peradangan sangat dianjurkan. Kunyit sendiri diyakini dapat mengurangi peradangan, peradangan sendi bahkan kanker. 

Sebuah studi kecil membuktikan bahwa percobaan pada 77 peserta dengan asma ringan mengkonsumsi kapsul kurkumin selama 30 hari terbukti dapat mengurangi penyumbatan pada saluran nafas. Namun sekali lagi ini hanyalah sebuah studi kecil, perlu dilakukan penelitian lebih mendapat mengenai manfaat dan resikonya.

6 . Bawang Putih

source : mashed.com

Bahan putih telah digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit terutama peradangan. Asma adalah penyakit radang yang menyerang saluran pernafasan tidak heran jika bawang putih digunakan untuk mengatasi penyakit asma. 

Demikian beberapa pilihan obat herbal alami yang dapat mengatasi asma, buat kalian para penderita asma maupun keluarga atau teman dari penderita asma bisa disarankan resep di atas, namun ingat harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here