Mitos vs Fakta Mengenai Menstruasi yang Wajib Cewek Ketahui

Posted on

Dakonan.com – Setiap bulan cewek pasti akan mengalami yang namanya menstruasi. Menstruasi merupakan siklus reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Namun dibalik datangnya siklus menstruasi ada pula mitos-mitos mengenai menstruasi yang masih diyakini sampai saat ini, seperti dilarang keramas, dilarang minum es, dan masih banyak mitos-mitos yang lainnya. 

Dari mitos-mitos mengenai menstruasi itu terdapat fakta yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Berikut penjelasannya.

1 . Tidak boleh keramas saat menstruasi 

Faktanya : Keramas merupakan aktivitas untuk menjaga kebersihan diri yang dilakukan secara berkala. Keramas juga salah satu menjaga kebersihan tubuh jadi jika tubuh kita segar maka pikiran kita juga akan lebih fresh dengan datangnya menstruasi.

2 . Minuman dingin memperlambat menstruasi

Faktanya : Minuman dingin tidak akan membuat dinding rahim menjadi beku atau mengeras karena proses menstruasi ditentukan oleh hormon. 

3 . Tidak boleh berenang saat haid

Faktanya : Tidak ada larangan medis untuk berenang saat menstruasi. Namun yang perlu dipastikan saat menstruasi dan ingin berenang adalah kenyamanan pembalut dan pakaian renangnya. Sebagai contoh atlet renang, jika ia ada kompetisi renang dan sedang menstruasi tidak mungkin meninggalkan kompetisinya dengan alasan menstruasi. Jadi sah-sah saja jika wanita yang menstruasi ingin berenang.

4 . Minuman bersoda mempercepat menstruasi

Faktanya : Sampai saat ini tidak ada yang bisa membuktikan secara ilmiah bahwa minuman bersoda mampu memperlancar siklus menstruasi. Karena pada dasarnya minuman dan makanan yang orang konsumsi akan masuk ke usus dan lambung sedangkan menstruasi di rahim dan saluran reproduksi.

5 . Jangan berolahraga saat menstruasi

Faktanya : Para ahli kesehatan menyarankan wanita yang sedang haid untuk berolahraga karena dapat membantu sirkulasi darah disekitar otot rahim dan melepaskan endorfin, semacam hormon pereda nyeri. 

Demikian mitos dan fakta mengenai haid yang harus kalian ketahui. Jadi sebagai pembaca yang bijak silahkan kalian mencari faktanya terlebih dahulu dari sumber yang terpercaya dan jangan sampai percaya jika ada yang melarang dan menyuruh ini itu.