Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

0
214

Dakonan.com – Memiliki wajah yang cantik dan halus merupakan impian bagi setiap wanita. Saat ini semakin banyak wanita modern menggunakan bahan alami untuk merawat kulit dan menghindari bahan-bahan berbahan kimia pada produk kosmetik.

Baru-baru ini produk alami yang mengandung cuka apel sedang diburu kaum hawa untuk merawat kulit, terutama kulit wajah. Selain aman, cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Cuka apel adalah sejenis minuman yang didapat dari proses fermentasi jus apel. Kandungan yang terdapat dalam cuka apel ini hanya ada sedikit gula dan kalori daripada sari apel atau jus apel. Selain itu cuka apel juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), potasium, kalsium, dan magnesium.

Manfaat utama cuka apel yang saat ini sangat digandrungi yaitu bisa mengatasi jerawat, menghilangkan beruntus, menyeimbangkan pH kulit wajah juga mencegah kerutan. Selain itu ada beberapa manfaat cuka apel yang lainnya.

Berikut beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan :

1 . Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Cuka apel bisa bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah ke jaringan dimana ia dapat digunakan sebagai bahan bakar.sebuah penelitian membuktikan, tikus yang mengalami diabetes ketika diberi cuka apel selama empat minggu ternyata secara signifikan mengurangi kadar gula darahnya.

2 . Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan dalam cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang, yang dapat membantu mengurangi asupan dan meningkatkan berat badan. Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa minum cuka apel menurunkan asupan kalori sebanyak 275 kalori sepanjang hari. Meskipun memiliki manfaat menurunkan berat badan, cuka apel bukan berarti menjadi satu-satunya solusi untuk menurunkan berat badan secara cepat tetap harus diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti mengatur pola makan dan berolahraga.

3 . Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan zat mirip lemak yang terbentuk di arteri, menyebabkannya menyempit dan mengeras. Kolesterol darah tinggi membuat ketegangan pada jantung, memaksanya untuk bekerja lebih keras untuk mendorong darah ke seluruh tubuh.

4 . Menjaga Kesehatan Jantung

Cuka apel dapat menjaga kesehatan jantung. Penelitian di Jepang membuktikan bahwa memberi tikus asam asetat, komponen utama dalam cuka, mengakibatkan penurunan tingkat tekanan darah.

5 . Mengurangi Flek HItam

Dalam cuka apel terdapat unsur AHA (Alpha Hydroxy Acid). AHA (Alpha Hydroxy Acid) adalah exfoliant kimia yang digunakan untuk mengelupas permukaan kulit dari tumpukan sel-sel kulit mati dengan cara menghancurkan ikatan antar sel sehingga sel kulit yang mati lebih mudah lepas.

6 . Mengatasi Jerawat

Asam malat yang terkandung dalam cuka apel berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur, sehingga dengan pemakaian cuka apel secara teratur dapat menghindarkan bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat

7 . Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Jika kalian memiliki PH kulit yang tidak seimbang maka kulit kalian akan berminyak, terlalu kering dan bahkan kurang kencang dan elastis. Cuka apel dapat menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Kandungan pH pada cuka apel yang mirip dengan pH ada lapisan asam pada kulit menjadikan cuka ini cocok untuk digunakan sehari-hari untuk merawat kulit dan mencegah kulit wajah dari kering atau berminyak.

8 . Mencegah Kerutan

Kandungan asam di dalam apel memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus yang muncul pada wajah sehingga kamu akan tampil awet muda, mempesona, dan memikat.

Demikian beberapa manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel mengenai Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan dapat membantu menambah wawasan para pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here