Jenis-jenis Daun Sirih

0
22

Dakonan.com – Sirih merupakan tanaman khas Indonesia yang memiliki bau khas yang dapat dicium jika daun sirih diremas ataupun dihancurkan. Tradisi orang tua jaman dahulu yaitu dengan mengunyah kapur sirih, namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang.

Manfaat paling umum dari daun sirih adalah menghilangkan bau badan yang dihasilkan manusia. Selain itu sebenarnya daun sirih mempunyai manfaat yang lain yaitu :

  • Mengobati mimisan
  • Membersihkan mata
  • Menjaga kesehatan mulut dan gigi
  • Mempercepat penyembuhan luka bakar
  • Obat batuk
  • Mengobati keputihan, dll.

Namun banyak diantara kita yang masih belum mengetahui jenis-jenis daun sirih. Ternyata daun sirih memiliki beragam jenis dan manfaat sesuai dengan jenisnya. Berikut beberapa jenis daun sirih dan manfaatnya :

1 . Daun Sirih Merah

Tanaman ini masih berkerabat dekat dengan sirih maupun lada. Tanaman ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu sesuai dengan namanya berwarna merah. Manfaat utama dari sirih merah ini adalah sebagai obat diabetes melitus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyeri sendi, dan memperhalus kulit.

2 . Daun Sirih Putih

Tanaman ini memiliki daun warna putih dengan belang-belang hijau. Namun ada juga yang keseluruhan daunnya berwarna putih, tapi  jika jika daunnya sudah tua pigmen putihnya segera memudar dan berubah menjadi warna hijau semua.

3 . Daun Sirih Hijau

Sirih jenis yang ini sangat mudah sekali ditemukan. Meskipun tidak mengandung flavonoid seperti sirih merah namun manfaatnya jangan diremehkan. Sirih jenis ini bisa menyembuhkan luka, dan yang yang paling sering digunakan yaitu untuk mengobati mimisan.

4 . Daun Sirih Hitam

Daun sirih ini memiliki warna yang lebih gelap dari sirih jenis lainnya. Selain itu daun sirih hitam sangat susah untuk ditemukan karena tidak di semua tempat terdapat daun sirih jenis ini.

5 . Daun Sirih Cina

Sirih cina atau bisa disebut ketumpang air, tidak banyak yang tahu jika tanaman yang tumbuh liar di sekitar rumah ini merupakan keluarga dari daun sirih. Sirih cina memiliki efek farmakologis sebagai analgesik(pengurang rasa sakit), anti radang(anti inflammatory) dan antibiotik. Jadi sirih cina bisa digunakan untuk menyembuhkan rematik, darah tinggi, penyakit kulit, ginjal, asam urat, luka bakar, dan masih banyak lagi.

6 . Daun Sirih Bulu

Sirih bulu, mempunyai ciri-ciri batang daun yang mempunyai bulu-bulu halus. Daunnya mirip kecilnya dengan sirih hati, tapi daun sirih bulu agak atau lebih lonjong.

7 . Daun Sirih Silver

Tanaman ini memiliki ciri khas yaitu memiliki daun berwarna silver kehijau-hijauan. Selain sebagai tanaman obat, sirih ini juga bisa digunakan sebagai tanaman hias.

Demikian artikel mengenai Jenis-jenis Daun Sirih, semoga menambah informasi para pembaca mengenai tanaman sirih dan juga manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here