Biografi Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

0
235
source : instagram.com/sandiuno

Dakonan.com(Biografi Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Nama Sandiaga Uno cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Menjadi salah satu pengusaha sukses dan politisi di Indonesia kini beliau dipercaya oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. 

Biodata Singkat Sandiaga Uno

instagram.com/sandiuno
  • Nama : Sandiaga Salahuddin Uno 
  • Tempat dan tanggal lahir : Riau, 28 Juni 1969
  • Orang tua : Razif Halik Uno (ayah) dan Rachmini Rachman Uno (ibu)
  • Istri : Noor Asiah Abdul Aziz
  • Anak : Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, Sulaiman Saladdin Uno
  • Profesi : Pengusaha dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Pendidikan : 
    • SD PSKD Bulungan
    • SMP 12 Wijaya Jakarta Selatan 
    • SMA Pangudi Luhur
    • Wichita State University (1990)
    • George Washington University (1992)
    • Universitas Pelita Harapan (2020)

Masa Kecil Sandiaga Uno

Lahir di Pekanbaru Riau 28 Juni 1969 Sandiaga Uno merupakan anak dari pasangan Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman Uno. Beliau merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Ayah Sandiaga Uno dahulu merupakan karyawan PT Caltex (sekarang Chevron) di Riau dan ibunya adalah seorang pakar pendidikan kepribadian. Setelah ayahnya tidak bekerja lagi di Caltex, ayahnya memutuskan untuk pindah ke Jakarta membawa serta keluarganya pada tahun 1970. Di Jakartalah Sandiaga Uno menempuh pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. 

Sandiaga Uno menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SD PSKD Bulungan, dan melanjutkan ke SMP 12 Wijaya Jakarta Selatan, dan SMA Pangudi Luhur. Sejak kecil Sandiaga Uno merupakan seorang anak yang cerdas, terbukti ketika beliau melanjutkan di Wichita State University dan lulus dengan predikat Summa Cumlaude.

Karier Sandiaga Uno

Setelah lulus dari Wichita State University ia beliau mengawali kariernya sebagai karyawan bank Summa pada tahun 1990. Di tempat ia bekerja saat itu ia bertemu dan belajar dengan pemilik Bank Summa yaitu William Soeryadjaya. Tidak berselang lama Sandi harus kembali lagi ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi karena mendapatkan beasiswa dari tempat ia bekerja yaitu Bank Summa. Ia melanjutkan S2 di George Washington University dan menamatkan kuliahnya dengan IPK 4.00. 

Setelah lulus dari George Washington University tahun 1993 Sandi kemudian bekerja di Seapower Asia Investment Limited Singapura sebagai manajer investasi. Hanya bertahan satu tahun di Seapower Asia Investment Limited Sandi kemudian bergabung dengan MP Holding Limited Group pada tahun 1994. Kemudian di tahun 2015 beliau pindah di perusahaan ternama di Kanada yaitu NTI Resources Ltd. dan menjabat sebagai Executive Vice President. Namun krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 membuat perusahaan Sandi Uno bangkrut dan beliau harus menjadi salah satu korban PHK. Akhirnya beliau memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan memulai usaha dari awal kembali. 

Selama tinggal di Indonesia Sandi mencoba melamar di berbagai perusahaan namun tidak ada satu perusahaan pun yang menerimanya. Akhirnya, beliau memutuskan untuk membuka jasa konsultan keuangan bersama dengan temannya semaya SMA Rosan Perkasa Roeslani. Namun usahanya tidak berjalan sesuai yang diharapkan, selama 6 bulan perusahaan Sandi didirikan baru mendapatkan klien karena rata-rata klien yang datang memandang sebelah mata perusahaan beliau. 

Tahun 1998 Sandi bertemu dengan Edwin Soeryadjaya anak dari William Soeryadjaya, mereka kemudian mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Dengan jaringan(network) yang baik akhirnya banyak perusahaan dari dalam maupun luar negeri yang menggunakan jasa perusahaannya. 

Setelah perusahaan tersebut sudah cukup sukses, beliau menjual kembali perusahaannya dengan harga yang lebih tinggi bahkan Bank BTPN menjadi salah satu perusahaan yang diakuisisi. 

Karir di Dunia Politik

Mencoba peruntungan di dunia politik, Sandiaga Uno maju menjadi kandidat wakil gubernur DKI Jakarta yang diusung partai Gerindra mendampingi Anies Baswedan. Pilkada yang dilakukan tahun 2017 dengan dua putaran kali putaran ini sukses membawa Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menuju kursi DKI 1.

Tahun 2019 Sandiaga Uno terpilih untuk mendampingi Prabowo Subianto untuk maju ke Pilpres 2019, beliau pun harus melepas jabatannya sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Namun sayangnya pasangan Prabowo-Sandi gagal untuk menuju kursi RI 1, dan dikalahkan oleh pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin yang kini menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia. 

Kini Sandiaga Salahuddin Uno kembali ke kursi pemerintahan dengan dipilihnya menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada bulan Desember 2020 menggantikan Wishnutama dalam kabinet Indonesia Maju.

Demikian biografi singkat mengenai Sandiaga Salahuddin Uno seorang pengusaha sukses yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here