Biografi Jeff Bezos – Pendiri Amazon

0
300

Dakonan.com(Biografi Jeff Bezos – Pendiri Amazon). Amazon, siapa yang tidak tahu dengan e-commerce satu ini. E-commerce terbesar di dunia saat ini. Tapi tahukah kalian siapa pendiri Amazon ? Jawabnya Jeff Bezos. Awal mula Jeff Bezos mendirikan Amazon.com adalah dari garasi rumahnya sendiri yang berada di kota Seattle, USA. Kini Jeff Bezos dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia nomor 1 versi majalah forbes setelah mengalahkan Bill Gates sang pendiri Microsoft. 

Profil Singkat Jeff Bezos 

  • Nama : Jeffrey Preston Jorgensen “Jeff Bezos”
  • Tempat lahir : Albuquerque, New Mexico, A.S.
  • Tanggal lahir : 12 Januari 1964
  • Orang tua : Jackie Bezos (ibu) dan Ted Jorgensen (ayah) – cerai
  • Istri : MacKenzie Bezos
  • Pekerjaan : CEO Amazon.com

Masa Kecil Jeff Bezos

Jeff Bezos dilahirkan dari pasangan Jackie Bezos dan Ted Jorgensen, namun sayangnya pernikahan mereka tidak berlangsung lama hanya sekitar setahun lebih. Ibu Jeff Bezos kemudian menikah lagi dengan imigran asal Kuba yang bernama Miguel Bezos ketika Jeff berusia 5 tahun. Setelah pernikahan ibunya, keluarga Jeff Bezos pindah ke Houston, Texas dan ayah tirinya bekerja sebagai insinyur di Exxon. 

Bakat mekanik Jeff Bezos sebenarnya sudah ia tunjukkan sejak dini, saat masih balita Jeff Bezos pernah membongkar tempat tidurnya sendiri dengan obeng. Dan menginjak usia remaja ia mengutak-atik alarm listrik supaya adiknya tidak masuk ke kemarnya. Dengan bakatnya di bidang mekanik, Jeff Bezos senang sekali bereksperimen namun sayangnya dia tidak memiliki tempat khusus melakukan eksperimennya maka dari itu Jeff Bezos menggunakan garasi orang tuanya untuk laboratorium. 

Jeff Bezos mengikuti orang tuanya yang pindah ke Miami, Florida. Kemudian Jeff melanjutkan di Sekolah Menengah Atas Miami Palmetto. Setelah lulus SMA Jeff Bezos diterima di Universitas Princeton, Fakultas Fisika dengan disiplin ilmu elektro dan komputer. 

Perjalanan Karir

Perjalanan karir Jeff Bezos tidak serta merta lancar langsung menjadi CEO Amazon dan orang terkaya nomor 1 di dunia. Ketika ia berusia 16 tahun, ia pernah bekerja di McD sebagai juru masak. Ilmu yang ia dapatkan ketika bekerja di McD yaitu bagaimana melayani pelanggan yang baik dan benar. Pengalaman kerja yang ia pelajari selama di McD ia terapkan dalam menjalankan usahanya. Jeff Bezos menyadari bahwa memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan adalah kunci utama yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha. 

Setelah Jeff Bezos lulus dari Universitas Princeton, ia kemudian bekerja di Wall Street dalam bidang ilmu komputer. Jaringan komputer yang ia bangun di sebuah gedung dijadikan sebagai pusat perdagangan Internasional oleh perusahaan bernama fitel. Kemudian Jeff Bezos pindah bekerja ke D. E. Shaw & Co..

Mendirikan Amazon.com

Awal mula Jeff Bezos mendirikan Amazon.com yaitu pada tahun 1995. Inspirasi untuk bekerja mandiri muncul ketika ia bekerja di D. E. Shaw & Co. ketika dipercaya oleh David Shaw, pendiri perusahaan tersebut, sebagai Senior Vice President. 

Amazon awalnya hanya sebuah toko buku online. Sebelum mendirikan Amazon.com, Jeff Bezos telah melakukan survey mengenai penerbit buku yang tidak memiliki mail-order. Dan tidak ada satu pun penerbit buku yang memiliki mail-order dengan alasan biaya pembuatan katalog komprehensif cukup mahal. Muncullah ide Jeff Bezos untuk membuat katalog buku online. Namun tidak ada penerbit yang tertarik dengan ide Jeff Bezos, mereka tidak percaya bahwa internet dapat menawarkan secara substantial di masa depan. 

Meskipun mengalami banyak penolakan Jeff Bezos tidak putus asa, ia mendapat dukungan penuh dari keluarga baik mental maupun material. Salah satu bentuk dukungannya yaitu orang tua Jeff memberikan dana sebesar US$ 300 untuk modal memulai usaha. Kemudian Jeff Bezos kemudian melanjutkan studi ke American Book Seller’s Association untuk melakukan lobi-lobi kepada penjual buku.

Awalnya nama website yang didirikan Jeff Bezos bukan Amazon.com namun Abrakadabra, namun Jeff lebih tertarik dengan Amazon karena terpukau dengan kemegahan sungai Amazon yang ada di Brazil. 

Setelah sekian lama terfokus pada toko buku online, Amazon kemudian merambah ke produk-produk lain diluar buku. Yang awalnya hanya sebuat situs e-commerce sekarang Amazon menjadi e-commerce raksasa bahkan terbesar di dunia. 

Orang Terkaya Nomor 1 di Dunia

Keberhasilan Amazon sebagai toko buku online mengantarkan Jeff Bezos menjadi orang terkaya nomor 1 di dunia saat ini. Kekayaan yang dimiliki Jeff Bezos saat ini adalah US$ 131 miliar (1.839 triliun rupiah). Seiring naiknya saham Amazon, Jeff Bezos mampu menggeser orang terkaya di dunia sebelumnya yaitu Bill Gates. 

Demikan biografi Jeff Bezos sang pendiri Amazon.com. Semoga menginspirasi dan menjadikan kalian Jeff Bezos-Jeff Bezos selanjutnya.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here