Biografi Jack Dorsey – Pendiri Twitter 

0
46
Source : cnbc.com

Dakonan.com(Biografi Jack Dorsey – Pendiri Twitter). Nama Jack Dorsey mungkin tidak banyak orang yang tahu, namun siapa yang tidak tahu dengan media sosial Twitter. Jack Dorsey adalah pendiri Twitter, salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di dunia. Selain Twitter, Jack Dorsey juga merupakan salah satu pendiri dan CEO platform pembayaran online bernama “Square”.

Biodata Singkat Jack Dorsey

sourec : The New York Times
  • Nama : Jack Dorsey
  • Tempat lahir : St.Louis, Missouri, United State
  • Tanggal lahir : 19 November 1976
  • Orang Tua : Tim Dorsey(ayah) dan Marcia Smith(ibu)
  • Profesi : Pengusaha, CEO Twitter dan Square
  • Pendidikan : 
    • Bishop DuBourg High School
    • Missouri University of Science and Technology
    • New York University

Kehidupan Jack Dorsey

Pria yang lahir di St.Louis, Missouri pada 19 November 1976 merupakan anak dari pasangan Tim Dorsey dan Marcia Smith. Ayahnya merupakan insinyur yang bekerja di sebuah perusahaan pengembang spektrometer massa sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. 

Jack Dorsey ternyata tertarik dengan komputer sejak dini, semasa remaja Jack Dorsey tertarik pada tantangan mengkoordinasi taksi, van pengiriman, dan beberapa armada kendaraan lain yang membutuhkan komunikasi secara real time. Ketika ia menjadi siswa di Bishop DuBourg High School ia mulai mempelajari pemrograman. Dan di usia 15 tahun ia berhasil membuat program perangkat lunak untuk layanan pengiriman taksi dan pemadam kebakaran. 

Setelah menyelesaikan studi di Bishop DuBourg High School Jack Dorsey melanjutkan ke Missouri University of Science and Technology, kemudian ia pindah ke New York University namun ia keluar sebelum mendapatkan gelarnya. 

Jack Dorsey, Twitter dan Square

Pada tahun 2000, Jack Dorsey mulai mendirikan perusahaan yang menawarkan perangkat lunak pengirimannya melalui internet. Tidak lama mulai perusahaannya ia mendapatkan ide untuk membuat situs yang akan menggabungkan jangkauan luas perangkat lunak pengiriman dengan kemudahan pengiriman pesan instan. 

Kemudian Jack Dorsey mendekati “Odeo” sebuah perusahaan yang terletak di lembah Silicon Valley, dimana “Odeo” merupakan direktori dan situs web yang tertarik dengan layanan pesan teks. Jack Dorsey dan Evan William (pendiri “Odeo”) mulai membangun situs sederhana dimana para pengguna dapat langsung memposting pesan singkat sebanyak 140 karakter yang dikenal dalam bahasa Twitter sebagai “Tweet”. Pada awalnya Jack Dorsey menjabat sebagai CEO Twitter, namun pada tahun 2008 jabatan CEO Twitter digantikan oleh Evan Williams dan Dorsey menjabat sebagai ketua dewan. 

Awal kemunculan twitter banyak orang menjadikan twitter sebagai bahan ejekan. Bahkan sebuah acara komedi menampilkan segmen bernama “Twitter Tracker” yang mengejek pada pengguna twitter. Memang awalnya layanan twitter sering mengalami gangguan namun seiring berjalannya waktu banyak para selebriti yang mulai menggunakan twitter. Bahkan pada tahun 2008 twitter dijadikan sebagai jalur kampanye oleh Presiden Barack Obama dan John McCain. 

Tahun 2009 Jack Dorsey kembali mendirikan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi bersama dengan Jim McKelvey. Yaitu sebuah perusahaan layanan keuangan dan pembayaran digital yang bernama “Square”. Square berkembang sangat pesat dan Jack Dorsey menjabat sebagai CEO Square. 

Demikian biografi singkat mengenai Jack Dorsey salah satu pendiri jejaring sosial twitter. Semoga menambah wawasan para pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here