Biografi Elon Musk – Pendiri Tesla dan SpaceX

0
222
source : inc.com

Dakonan.com(Biografi Elon Musk – Pendiri Tesla dan SpaceX). Belum banyak orang yang familiar dengan nama Elon Musk. Tapi jika mendengar Paypal dan Tesla Motors pasti semua orang sudah tidak asing lagi. Sosok Elon Musk lah yang berada dibalik Paypal, Tesla Motors dan satu lagi SpaceX. 

Beberapa waktu Elon Musk sempat menjadi orang terkaya di dunia versi majalah forbes mengalahkan pendiri Amazon namun posisi itu tidak bertahan lama karena tidak berselang lama saham Tesla anjlok dan menjadikan Elon Musk kini berada di urutan ke-31 orang terkaya di dunia versi majalah forbes dengan total kekayaan $ 24,6 miliar .

Biodata Singkat Elon Musk

source : dezeen.com
  • Nama : Elon Reeve Musk
  • Tempat dan tanggal lahir : Pretoria, Afrika Selatan, 28 Juni 1971
  • Orang Tua : Errol Musk (ayah) dan Maye Musk (ibu)
  • Istri : Justine Musk (2000-2008) dan Talulah Riley (2010-2012 ; 2013-2016)
  • Anak : Nevada(2002), Griffin(2004), Xavier(2004), Damian(2006), Saxon(2006), Kai(2006), X Æ A-12(2020)
  • Profesi : Pengusaha, Pendiri Paypal, Tesla Motors, SpaceX
  • Pendidikan : 
    • Queen’s University (1990-1992)
    • University of Pennsylvania (1991-1997)
    • Stanford University (1995-1995)

Kehidupan Elon Musk

Elon Musk merupakan pengusaha Amerika yang lahir di Afrika Selatan. Musk lahir dari pasangan Errol Musk dan Maye Musk, ayahnya adalah seorang insinyur di Afrika Selatan dan sang ibu adalah model asal Kanada dan wanita tertua yang membintangi kampanye Covergirl. 

Musk merupakan anak pertama dari tiga bersaudara, ia memiliki seorang adik laki-laki bernama Kimbal Musk yang merupakan CEO perusahaan pencarian sosial OneRiot dan adik perempuan bernama Tosca Musk pendiri Musk Entertainment. 

Orang tau Musk memutuskan bercerai ketika Musk berusia 10 tahun, setelah kedua orang tuanya bercerai ia tinggal bersama ayahnya. Sejak saat itulah Musk mulai belajar mengenai teknik komputer dan saat berusia 12 tahun ia berhasil membuat video game yang diberi nama Blastar dan menjualnya ke majalah komputer seharga $500. 

Pada tahun 1989 ketika menginjak usia 17 tahun Musk pindah ke Kanada untuk menghindari wajib militer di Afrika Selatan dan melanjutkan kuliah di Queen University. Musk mendapatkan kewarganegaraan Kanada lewat garis keturunan sang ibu.

Dua tahun setelahnya Musk meninggalkan Kanada dan pindah ke Amerika Serikat untuk belajar bisnis dan fisika di Pennsylvania University. Ia memperoleh gelar sarjana di bidang ekonomi dan melanjutkan gelar sarjana kedua di bidang fisika. 

Setelahnya Musk melanjutkan ke Stanford University untuk mengejar gelar PhD namun ia keluar setelah dua hari di Stanford University untuk mengejar ambisinya menjadi pebisnis dalam bidang internet dengan dengan meluncurkan perusahaan pertamanya yaitu Zip2 Corporation pada tahun 1995. 

Awal Karier Elon Musk

Zip2 Corporation

Zip2 Corporation diluncurkan pada tahun 1995 oleh Musk bersaudara yaitu Elon Musk dan Kimbal Musk. Zip2 Corporation merupakan perusahaan pengembangan dan pemasaran “panduan kota online” untuk situs surat kabar New York Times dan Chicago Tribute. Pada tahun 1999 Compaq Computer Corporation membeli Zip2 sebesar $ 307 juta dan $ 37 juta dalam bentuk saham. 

Paypal

Setelah menjual Zip2 Elon Musk dan Kimbal Musk kembali mendirikan perusahaan dalam bidang keuangan/ pembayaran online yaitu X.com yang kini lebih dikenal sebagai Paypal. Tahun 2002 tepatnya pada bulan Oktober mendapatkan miliar pertama ketika Paypal diakuisisi oleh eBay seharga $ 1,5 miliar. Sebelum dijual Musk berhasil memiliki saham Paypal sebesar 11%.

SpaceX

Setelah sukses dengan dua perusahaan yaitu Zip2 dan Paypal, Musk kembali mendirikan perusahaan ketiga yaitu Space Exploration Technologies Corporation atau lebih dikenal SpaceX pada tahun 2002. SpaceX didirikan dengan tujuan untuk perjalanan luar angkasa yang dikomersialkan. Tahun 2008, NASA memberikan kontrak kepada perusahaan tersebut untuk menangani pengangkutan kargo Stasiun Luar Angkasa Internasional. 

Pada tahun 2012, Musk dan SpaceX membuat sejarah dengan meluncurkan roket tanpa awak yang mereka beri nama Falcon 9 dengan mengangkut 1000 pon persediaan untuk astronot yang berada di Stasiun LUar ANgkasa Internasional. Pada Maret 2017, SpaceX menyaksikan uji terbang dan pendaratan roket Falcon 9 yang sukses yang terbuat dari komponen yang dapat digunakan kembali. 

Tesla Motors

Musk adalah salah satu pendiri, CEO dan juga arsitek di Tesla Motors, perusahaan yang didirikan tahun 2003 untuk untuk memproduksi mobil listrik pasar massal yang terjangkau serta produk baterai dan atap surya. Musk mengawasi semua pengembangan produk, teknik, dan desain produk perusahaan. 

Demikian biografi singkat tentang sang pendiri Paypal, SpaceX, dan Tesla Motors yang masih banyak orang kurang ketahui. Semoga informasi tersebut menambah wawasan para pembaca sekalian. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here