6 Master Catur Indonesia

0
57
source : chessbaron.co.uk

Dakonan.com(6 Master Catur Indonesia). Catur merupakan salah satu cabang olahraga yang tidak menggunakan kekuatan fisik namun menggunakan kekuatan otak. Catur sendiri merupakan permainan yang berasal dari India “Chaturanga” yang merupakan asal usul nama catur. 

Dalam dunia catur terdapat berbagai macam gelar yang dapat diperoleh seorang pecatur. Untuk menentukan gelar apa yang akan diperoleh seorang pecatur ditentukan oleh ELO. ELO sendiri merupakan daftar level atau sistem peringkat yang dibuat oleh Federasi Catur Internasional(FIDE), dimana FIDE merupakan organisasi yang menaungi federasi catur nasional negara-negara di dunia. 

Saat ini juara catur dunia yaitu Magnus Carlsen yang berasal dari Norwegia dengan ELO 2847 dengan gelar Grandmaster(GM) sejak tahun 2004. Indonesia sendiri memiliki beberapa Grandmaster bahkan salah satunya merupakan Woman Grandmaster(WGM) yang belum lama ini bertanding dengan pecatur yang bernama Dewa Kipas. 

Berikut beberapa profil master catur yang berasal dari Indonesia. 

1 . Susanto Megaranto

Seorang pecatur yang memperoleh gelar Grandmaster(GM) pada usia 17 tahun, ia berasal dari Indramayu, Jawa Barat yang lahir pada 8 Oktober 1987. ELO Susanto pada FIDE yaitu 2550 dan berada di peringkat 444 rangking dunia.

2 . Novendra Priasmoro

Pria berusia 22 tahun ternyata pernah mengalahkan pecatur Gotham Chess sebanyak 9 kali. Novendra mendapatkan gelar Grandmaster yaitu pada tahun 2020 dengan FIDE ratings 2502. Sebelumnya Novendra mendapat gelar International Master pada tahun 2018 dengan ELO Rating 2438. 

3 . Yoseph Theolifus Taher

Pecatur tanah air dengan gelar International Master(IM) ini memiliki kemampuan bermain catur yang sudah tidak diragukan lagi, ia sudah mengikuti ratusan turnamen di dalam maupun luar negeri. Pria kelahiran 26 Maret 1999 ini mulai mengenal catur sejak kelas 5 SD. saat ini FIDE ratings Yoseph yaitu 2455 dan berada di peringkat 1279 dunia. 

4 . Sean Winshand Cuhendi

Pria kelahiran Bekasi, 5 November 1997 ternyata sewaktu kecil pernah menderita hydrocephalus. Tapi Sean rutin melakukan pengobatan tradisional hingga kelas 5 SD Sean dinyatakan sudah sembuh dan sehat. Bahkan pada tahun 2014 Sean mendapat gelar International Master(IM) dengan FIDE ratings 2419. 

5 . Irene Kharisma Sukandar

Nama Irene mulai banyak dikenal orang ketika ia berhasil mengalahkan sang pecatur yang bernama Dadang Subur aka Dewa Kipas. Wanita kelahiran Jakarta, 7 April 1992 ini ternyata menyandang gelar Woman Grandmaster (WGM) pertama Indonesia pada tahun 2008. FIDE ratings Irine kini 2413 dan berada di peringkat 1928 rangking dunia.  

6 . Medina Warda Aulia

Ternyata Irene bukanlah satu-satunya pecatur perempuan asal Indonesia yang menyandang gelar Woman Grandmaster(WGM). Medina Warda Aulia perempuan berumur 24 tahun ini juga mendapatkan gelar Woman Grandmaster(WGM) pada tahun 2013 dan tahun 2020 mendapatkan gelar International Master(IM) dengan FIDE ratings 2360. 

Demikian beberapa profil dari master catur Indonesia. Semoga informasi tersebut menambah wawasan para pembaca sekalian. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here