Trik agar mendapatkan pekerjaan saat Job Fair

0
168

Dakonan.com – Mahasiswa dan jobseeker pasti tidak asing dengan Job Fair. Job fair adalah bursa atau pameran bagi para majikan, perekrut dan sekolah untuk bertemu dengan dengan para pencari kerja yang prospektif.

Pada event ini terbuka terbuka kesempatan luas untuk mengenal profil perusahaan, mencari informasi seputar kerja yang diidamkan. Banyaknya perusahaan peserta jobfair akan menumbulkan kebinggungan jika anta tidak mencuri “Start” dengan mencari informasi sebelum hari pelaksanaan.

Sri Muliati Abdullah M.A.,Psi, Senior Assesor Bidang PSikologi ECC UGM, berbagi tips jitu untuk dapat memperoleh pekerjaan melalui jobfair. apa saja yang perlu dipersiapkan?

Berikut tips dan triknya :

  1. Siapkan persyaratan administrasi sebanyak dan selengkap mungkin

Memasukkan lamaran di jobfair juga membutuhkan fotocopy Ijazah, fotocopy kartu identitas diri, pas foto, serta kelengkapan administrasi lainnya. Olaeh karena itu, persiapkan segala sesuatunya dengan lengkap. Jangan sampai Anda gagal melamar karena dokumen yang dibawa kurang lengkap. Anda juga perlu membawa persiapan yang banyak . Perusahaan peserta jobfair tidak hanya satu, siapa tahu banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk Anda.

2. Bawa alat-alat pendukung

Anda memerlukan peralatan kecil untuk merapikan dokumen-dokumen lamaran Anda. Lem, kertas, bolpoint, hardboard, dan paper clip perlu dobawa jika memang Anda memerlukannya.

3. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Sebelum hari pelaksanaan, Anda perlu mencari tahu informasi perusahaan peserta jobfair dan lowongan apa saja yang dibuka. Ini akan memudarkan Anda memilih pekerjaan yang sesuai minat dan bakat.

4. Persiapkan diri

Pada saat jobfair dilaksanakan sering kali perusahaan mengadakan seleksi secara langsung. Anda perlu berpakaian rapi untuk mengantisipasi hal itu.

5. Jaga Stamina

Meskipun kondisi jobfair berdesak-desakan, Anda tetap wajib menjaga fitalitas tubuh. Jaga kesehatan sehingga dapat mengikuti setiap tahapan seleksi dengan stamina prima.

6. Doa

Berikut adalah tips dan trik agar mendapatkan pekerjaan saat jobfair , buat anda sekalian semoga segera mendapatkan pekerjaan. Buat yang belum, tetapkan optimis karena Rejeki sudah ada yang atur , jadi jangan pesimis tetapkan optimis dan berusaha. Kalau kalian tidak juga mendapatkan pekerjaan mungkin rejeki kalian bukan bekerja kepada orang tapi menciptakan lapangan pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here