Tips mengiklan di Facebook Ads yang efektif

0
205

Facebook Ads , tentu kata yang tidak asing lagi buat kalian . Facebook Ads merupakan fitur yang ditawarakan oleh Facebook untuk mempromosikan suatu Fanpage yang sebelumnya sudah dibuat oleh para penguna Facebook . Dengan facebook Ads ini kamu dapat membuat iklan bertarget duntuk menjangkau audiens yang berbeda untu memenuhi tujuan bisnis kamu.

Facebook Ads ini mulainya yang gampang , menghasilkannya yang susah. Banyak yang asal coba-coba pasang iklan hasil akhirnya ya nombok-nombok juga.
Garis besar pasang Facebook Ads sendiri adalah
1. Target Research
2. Pasang Iklan
3. Split Test
4. Retargeting
5. Look A Like

Kali ini kita bahas tentang Research Target dulu ya. Untuk bisa efektif ngiklannya, kita harus nentuin dulu target pasarnya siapa. Yang paling penting adalah menentukan interestnya.

Caranya pakai facebook audience insight. Coba teman-teman klik https://www.facebook.com/ads/audience-insights .
Misalnya mau jualan sepatu online. Set lokasinya di Indonesia kemudian di form interest masukkan shoes.

Pict 1

Dari situ nanti kita sudah bisa meraba, demografinya gimana, diumur berapa kebanyakan, dijenis kelamin apa , dsb.

Pict 2.1

Pict 2.2

Kemudian klik pages like, dari situ akan kelihatan orang like batik itu juga pada like ke page apa aja.
Pict 3.1

Pict 3.2
Misalnya kelihatan, oh ada page “Batik Maduretno” . Nah coba di search di audience insight nya kaya tadi, dengan interest “Batik Maduretno”. Akan kelihatan kira-kira cocok apa tidak interst “Batik Maduretno” kita jadiin target. Cocok tidaknya bisa dilihat di pages likes, orang yang like “Batik Maduretno” juga like page apa aja, kalau yang di like page-page yang senada dengan batik berarti cocok.

Dari audience insight “Batik Maduretno” kelihatan lagi page-page sejenis trus search lagi page sejenis di audience insight . Trus dicek lagi cocok atau tidak jadi target kita begitu seterusnya.

Setelah dapat banyak interest yang kira-kira cocok, urutkan dari yang paling cocok sama target kita. Ambil 5 dulu , cari interest yang audiencenya tidak terlalu besar kisaran ± 100K sudah cukup. Yang penting ditarget adalah umur, karena kita jualan di Indonesia, umur ini sangat terbatas. Kalau mentarget ke umur terlalu tua, orang-orang tua masih pada gaptek(newbie) transaksi online. Kalau milih terlalu muda, banyak yang pake facebook, tapi mereka banyak yang belum punya atm, jarang belanja online. Maka dari itu kita harus target di orang yang sudah punya uang, tapi tidak terlalu tua. Kalau umur belasan terlalu muda , umur 40 keatas terlalu tua. Tepatnya berapa, silahkan dicoba sendiri.
Yang tidak kalah penting , pasang iklan dari 5 interest dengan umur yang ditentukan, budget seminimal mungkin aja . Jangan langsung bakar duit gaes 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here