Tips Menghadapi Wawancara Kerja

0
1122

Dakonan.com – Wawancara kerja atau Interview memang gampang-gampang susah. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang menjebak. Mungkin banyak dari kalian yang gagal dalam wawancara hanya karena pertanyaan sepele, seperti menyebutkan kelebihan dan kelemahan pala pelamar kerja. Terlebih lagi untuk para pemula yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Untuk membantu kalian dalam menghadapi wawancara kerja, berikut ini ada beberapa tips menghadapi tes wawancara kerja.

1 . Penampilan

Banyak orang menilai seseorang pertama kali dari penampilan, meskipun penampilan bukan hal utama seseorang diterima kerja atau tidak. Tapi, penampilan yang sopan, rapi dan wangi akan memberi kesan positif pada perusahaan. Hal ini bisa menambah nilai tambah bagi pelamar kerja.

2 . Lakukan Riset

Tidak sedikit dari pelamar kerja yang kurang mengetahui tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. Jadi ketika mendapat panggilan wawancara kerja tidak mengetahui tentang perusahaan dan jobdesk posisi yang diminati. Sebaiknya ketika kalian menerima panggilan untuk wawancara kerja ketahuilah visi misi perusahaan tersebut melalui situs resmi perusahaan maupun berita. 

3 . Datang Tepat Waktu

Datang tepat waktu akan meninggalkan kesan bagi perusahaan bahwa kita orang yang disiplin. Datang tepat waktu juga akan menambah informasi bagi kita bagaimana kondisi di perusahaan tersebut. Alangkah lebih baiknya datanglah 15 menit sebelum jam wawancara yang ditentukan, waktu 15 menit bisa kita gunakan untuk mengatasi rasa gugup yang menyerang.

4 . Attitude

Sikap yang sopan sudah sepantasnya harus kita jaga. Terlebih lagi kita sebagai pelamar kerja yang ingin bekerja di perusahaan yang kita minati. Mengucap salam dan berjabat tangan adalah hal yang mudah kita lakukan. Sikap sederhana tersebut akan mencerminkan keseharian kita nantinya jika diterima di perusahaan tersebut.

5 . Jawab pertanyaan tegas dan tepat.

Mungkin bagi kalian pelamar kerja dulunya pernah menjadi Ketua OSIS dan sering pidato panjang lebar di depan banyak orang adalah hal yang wajar. Namun jika untuk wawancara kerja itu merupakan hal yang membosankan. Jika kalian ditanya sebuah pertanyaan jawablah dengan tepat sesuai isi pertanyaan, tidak perlu menjelaskan panjang lebar hal yang tidak ditanyakan. Cukup jawab pertanyaan dengan tegas, yakin dan percaya diri.

6 . Beritahu perihal diri anda 

Dimanapun kalian melakukan wawancara kerja pasti akan ditanya mengenai siapa diri kalian. Dan kita diminta untuk menjelaskan, maka jelaskanlah Skill yang kalian miliki dengan padat dan jelas. Dan beritahukan kelebihan dan kekurangan kalian.

Menghadapi wawancara kerja tidaklah mudah, terlebih lagi untuk fresh graduate. Tapi sesulit apapun itu jika kita siap dan yakin maka semuanya akan menjadi mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here