Tips Memilih Nama Domain yang Menarik

0
77

Dakonan.com – Bagi seorang blogger profesional maupun pebisnis online, menentukan nama domain merupakan sesuatu yang diinginkan karena akan menjadi identitas dan brand untuk sebuah situs. Bagi seorang blogger pemula biasanya tidak memikirkan dengan matang ketika memilih nama domain.

Sebuah nama domain pada suatu situs merupakan alamat jalan untuk rumah. Bagaimana orang menemukan dan mengidentifikasi situs web. Tapi selain itu nama domain juga berfungsi sebagai deskriptor. Jadi , kalian bisa berfikir bahwa itu lebih penting dibandingkan alamat rumah.

Dua aspek kunci dari nama domain yang sukses

Jika nama domain itu penting, dapat dipastikan bahwa anda harus fokus dalam pengembangan strategi yang tepat. Maka dari itu kalian harus fokus pada 2 aspek kunci yang sebenarnya mempermasalahkan

  • Yang laku : Pastikan nama domain kalian harus laku. Haruslah berhubung dengan target demografis dan mencerminkan apa singkatan brand kalian.
  • Yang dicari : Nama domain yang sukses harus dicari. Ini berarti Anda perlu mengambil prinsip-prinsip SEO mempertimbangkan dan memilih nama domain yang memungkinkan Anda untuk memaksimalkan kinerja mesin pencari.

Berikut Tips Memilih nama domain yang cocok :

1. Mudah diingat

Ada jutaan webste yang tersebat di Internet. Maka dari itu memilih nama domain yang unik dan mudah diingat sangatlah penting.

  • Hindari penggunakan angka dalam memilih nama domain
  • Usahakan jangan memakai tanda dashes (-) maupun underscore (_)
  • Pilih nama domain yang singkat
  • Hindari memilih domain menggunakan singkatan
  • Pilih nama domain yang unik sehingga domain akan mudah diingat

2. Ekstensi Domain

Domain dengan ekstensi (.com) masih menjadi primadona dan pilihan utama. Orang awan cenderung akan menuliskan .com jika mencari sebuah website daripada menggunakan esktensi lainnya. Tapi jika ketersediaan nama domain yang kalian dengan ekstensi (.com) sudah tidak tersedia untuk alternatif lain bisa menggunakan (.net maupun .org). Tapi jika dengan semua ekstensi tersebuat sudah tidak ada yang tersedia maupun kurang pas alternatif lainnya yaitu bisa menggunakan ccTLD (Country Code Top Level Domain) , sebuah ekstensi domain untuk negara tertentu, seperti :

  • .ID  = Indonesia
  • .KR = Korea
  • .JP = Japan
  • .UK = United Kingdom, dan masih banyak yang lainnya

3. Pelanggaran Merk Dagang

Pastikan nama domain yang kalian pilih bukan merupakan merk dagang yang sudah terdaftar. Pemegang merk dagang memiliki hak untuk melindungi brand mereka, jika hal itu terjadi anda dan bisnis anda akan berada dalam bahaya.

Demikian untuk kiat memilih nama domain yang menarik dari dakonan.com, semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian untuk menentukan nama domain untuk bisnis online maupun blogger kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here