Tips Memilih Hewan Kurban

0
92

Dakonan.com(Tips Memilih Hewan Kurban). Hari Raya Idul Adha atau dikenal dengan Hari Raya Qurban adalah momen penyembelihan hewan kurban. Bagi umat muslim hukum berkurban adalah sunnah muakkad (sudah yang dikuatkan/ dianjurkan) khususnya bagi umat islam yang mampu dan berkecukupan. 

Menjalankan ibadah kurban merupakan kesempatan yang paling istimewa karena hanya dilakukan satu tahun sekali yaitu mulai tanggal 10,11,12, dan 13 Dzulhijjah. Namun dalam melaksanakan qurban tidak sembarang hewan bisa disembelih. Hewan yang diperbolehkan untuk disembelih pada hari raya Idul Adha hanya Unta, Sapi, dan Kambing/ Domba. 

Selain itu hewan yang ingin dikurbankan juga tidak sembarangan harus memenuhi syarat-syarat berkurban. Berikut beberapa tips memilih hewan qurban. 

1 . Cukup Umur 

Untuk hewan kurban sendiri ada minimal umurnya yaitu untuk Sapi minimal 2 tahun dan untuk Kambing minimal 1 tahun. Untuk mengetahui umur dapat dilihat dari kartu ternak atau catatan lahir, namun jika tidak ada dapat dilihat dari gigi. 

  • Powel/ Tanggal 1 Pasang

Powel 1 pasang pada kambing berarti kambing telah berumur lebih dari 1 tahun. Umumnya powel pertama pada kambing terjadi pada umur 1,5 tahun. Namun ada terkadang ada juga yang terlambat powel karena dipengaruhi oleh genetik atau jenis pakan. 

Powel 1 pasang pada sapi berarti sapi telah berumur lebih dari 2 tahun. Namun sama halnya dengan kambing, terkadang sapi ada juga yang terlambat powel karena dipengaruhi oleh genetik atau jenis pakan.

2 . Sehat 

Hewan yang sehat biasanya cenderung aktif, salah satunya akan merespon ketika didekati atau diberi makan. Namun jika tidak merespon bukan berarti tidak sehat, bisa saja hewan tersebut sudah kenyang atau sedang istirahat. 

Yang penting lainnya adalah tidak ada tanda penyakit seperti cuping hidung, kambing/sapi yang sehat cuping hidung basah tapi tidak ada leleran berlebihan, tidak ada lesi pada mulut dan gusi, area pantat tidak banyak kotoran yang menempel jika banyak kotoran yang menempel bisa jadi kambing/sapi sedang diare, pastikan bulu halus tidak kusam dan patah, tidak ada tanda gatal atau keropeng pada kulit, dan yang terakhir kambing/sapi harus gemuk cara mengeceknya bisa dilihat/diraba pada tulang punggung atau panggul. 

3 . Tidak Cacat

Tidak cacat disini dalam artian kondisi fisik misalkan kambing/sapi tidak pincang, tanduk lengkap dan tidak patah. 

Demikian beberapa tips sederhana memilih hewan kurban. Buat kalian yang ingin berkurban bisa dipastikan kembali hewan kurban kalian memenuhi syarat-syarat kurban ya teman-teman. Semoga bermanfaat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here