Tips Melamar Pekerjaan

0
265

Dakonan.com – Target pertama setelah lulus kuliah bagi fresh graduate adalah mencari pekerjaan. Tidak jarang mencari pekerjaan menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi fresh graduate. Kadang banyak orang yang berpengalaman tidak beruntung dalam mencari pekerjaan, lantas bagaimana dengan fresh graduate yang belum cukup pengalaman. Mencari beberapa tips melamar pekerjaan mungkin bisa menjadi salah satu solusi. 

Meskipun kamu tidak memiliki pengalaman kerja, setidaknya tinggalkan kesan baik saat melamar pekerjaan. Sebelum kalian mencari pekerjaan ada baiknya mencari tips melamar pekerjaan agar perusahaan yang kalian inginkan tertarik dengan CV yang kalian kirimkan. Untuk melamar pekerjaan bagi fresh graduate ada beberapa poin yang harus kalian perhatikan. Berikut beberapa poin-poin pentingnya.

1 . Riset Perusahaan 

Sebelum kalian apply CV ke perusahaan yang ingin kalian lamar cari tahu terlebih dahulu deskripsi perusahaan dan produk/jasa yang ditawarkan. Kalian juga harus mencoba pelajari produk/jasa yang ditawarkan jadi jika nantinya kalian lolos interview dan ditanya pendapat mengenai produk yang ditawarkan kalian bisa memberikan pendapat. 

Selain itu lokasi perusahaan juga sangat penting, dimana lokasinya, bagaimana aksesnya, berapa waktu yang dibutuhkan kesana. Jadi sewaktu kalian diterima tidak ada alasan menolak karena terlalu jauh dari rumah. 

2 . CV yang Menarik

Sudah menjadi rahasia umum jika CV yang menarik akan membuat HRD terkesan dan terpancing untuk mengundang kalian ke tahapan selanjutnya. Saat ini banyak di search engine contoh CV yang menarik, kalian bisa contoh salah satunya dan dijadikan untuk CV kalian.

3 . Perhatikan Cover Letter

Cover letter merupakan salah satu cara untuk mencerminkan kalian dan bagaimana kemampuan kalian. Jadi sekalipun kalian mengirimkan lamaran via email atau secara langsung pastikan cover letter kalian sopan dan sesuai. Yang paling penting cover letter kalian harus berisi perkenalan singkat tentang diri, referensi, skill dan pengalaman. 

4 . Gunakan Istilah Teknis

Untuk meyakinkan skill kalian, pakailah istilah teknis yang sering kalian gunakan pada bidang kalian ketika menjabarkan kemampuan diri. Gunakan ungkapan yang spesifik agar HRD terkesan. 

5 . Cek Ulang Akun Media Sosial

Pada era digital ini, para HRD juga menjadi stalker akun media sosial untuk melihat karakter dan kepribadian para kandidat. Jadi buat kalian para jobseeker mulailah cek kembali akun media sosial kalian, percantik media sosial kalian, hapus foto-foto aib kalian, dan update-an yang bisa membikin illfeel. Akan HRD terkesan jangan lupa cantumkan akun LinkedIn kalian dan pencapaian kalian selama ini.

Demikian beberapa tips melamar pekerjaan terutama untuk para fresh graduate. Jangan berkecil hati jika kalian minim dengan pengalaman yang terpenting tunjukkan bahwa kalian mampu dan layak. Dan jangan lupa untuk selalu berusaha dan berdoa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here