SKCK – Cara, Syarat, dan Biaya Pembuatan SKCK Terbaru

0
85

Dakonan.com – Selembar kertas yang tertempel pas foto berukuran 4*6 menjadi sangat berharga karena menjadi salah satu bukti bahwa seseorang berperilaku baik dan tidak memiliki catatan kriminal. SKCK (Surat Keterangan Cakap Kerja) sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (disingkat SKKB) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. SKCK biasanya menjadi prasyarat berbagai kepentingan seperti melamar pekerjaan baik PNS maupun non-PNS atau keperluan lain yang bersifat antar negara. SKCK hanya berlaku selama 6 bulan dan biasanya syarat pembuatan SKCK akan diperbaharui setiap tahunnya.

SKCK hanya diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia baik Kepolisian Sektor (Polsek) maupun Kepolisian Resort (Polres). Perbedaannya sendiri adalah dari segi penggunaannya. SKCK yang dikeluarkan oleh Polres berlaku untuk melamar pekerjaan di BUMN (Badan Usaha Milik Negara), pelengkap berkas CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), selain itu juga sebagai syarat pendaftaran calon Kepala Desa, DPRD dan Kepala Daerah/ Bupati.

Hal yang perlu diperhatikan, SKCK hanya bisa dikeluarkan sesuai dengan KTP pemohon jadi buat pemohon tidak serta merta dengan mudah untuk mendapatkan SKCK di daerah domisili tempat tinggal.

Syarat Membuat SKCK

Seperti mengurus dokumen pada umumnya, membuat SKCK juga membutuhkan dokumen-dokumen pendukung. Asalkan semua dokumen lengkap, membuat SKCK sebenarnya tidak sulit dan ribet seperti yang dibayangkan. Berikut prosedur membuat SKCK di Polres/Polsek :

1 . Mempersiapkan Surat Pengantar

Untuk mendapatkan surat pengantar dari kelurahan, terlebih dahulu kalian harus berkunjung ke ketua RT tempat kalian tinggal untuk mendapatkan surat pengantar setelah itu kamu hanya perlu ke ketua RW. Setelah surat pengantar dari RT kalian dapatkan maka kalian hanya perlu ke kelurahan untuk mendapatkan surat pengantar dari kelurahan. Untuk biaya administrasinya sendiri biasanya suka rela bahkan ada yang gratis.

2 . Dokumen Pendukung

Setelah kalian mendapatkan surat pengantar dari kelurahan, kalian harus mempersiapkan dokumen pendukung untuk membuat SKCK guna memverifikasi identitas pembuat SKCK. Berikut beberapa persyaratannya :

  • Fotocopy KTP atau SIM
  • Fotocopy KK
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Pas foto 4×6 sebanyak 6 lembar(berlatar/background merah)

Setelah itu kalian hanya tinggal mendatangi polsek/polres terdekat untuk melakukan permohonan SKCK. Usahakan kalian untuk datang lebih awal agar terhindar dari antrian yang panjang dan sebelumnya kalian harus mengetahui jam operasional pembuatan SKCK. Untuk jam operasionalnya sendiri Senin-Kamis 08.00 – 15.00, Jumat 08.30 – 15.30.

Cara Membuat SKCK

Setibanya kalian di Polres/ Polsek, ketika mendatangi loket kalian akan diberi blangko untuk diisi berupa informasi pribadi dan pernyataan tidak pernah melakukan tindak kejahatan. Selanjutnya kalian bisa melanjutkan proses sidik jari. Dalam kurun waktu kurang dari satu jam kalian akan dipanggil dan menyerahkan SKCK yang telah disahkan. Setelah proses permohonan SKCK selesai, kamu hanya perlu menunggu dokumenmu siap. Setelah SKCK selesai jangan lupa untuk meminta legalisir SKCK sesuai dengan kebutuhan.

Biaya Pembuatan SKCK

Berdasarkan Undang undang yang berlaku yakni;

  • UU RI No.20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak (PNBP)
  • UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri
  • Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1928/VI/2010 tanggal 23 Juni 2010 tentang Pemberlakuan PP RI No.50 Tahun 2010

Dahulu, biaya pembuatan SKCK adalah Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah), setelah tanggal 6 Januari 2017 biaya pembuatan SKCK ini naik menjadi Rp30.000. Sedangkan untuk Warga Negara Asing (WNA) biaya yang dibutuhkan adalah Rp 60.000. Biaya tersebut disetorkan kepada petugas Polri di tempat ketika proses pembuatan SKCK telah selesai.

Demikian artikel mengenai “SKCK – Cara, Syarat, dan Biaya Pembuatan SKCK Terbaru” semoga menambah informasi para pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here