Rekomendasi Makanan Pelancar BAB

0
44
source : foodsafetynews.com

Dakonan.com(Rekomendasi Makanan Pelancar BAB). Sembelit atau konstipasi adalah gangguan pada sistem pencernaan seseorang. Sembelit biasanya ditandai dengan susah Buang Air Besar (BAB) karena feses yang mengeras. 

Sembelit dapat terjadi pada siapa saja, anak-anak, orang dewasa bahkan bayi yang baru memulai untuk MPASI dapat mengalami sembelit. Hal yang menyebabkan sembelit atau konstipasi ada beragam seperti kurangnya cairan, kurangnya makanan berserat, pola makan yang buruk, variasi jenis makanan, konsumsi obat tertentu. 

Untuk menangani sembelit sendiri saat ini sudah banyak obat untuk mengatasi sembelit, tetapi alangkah lebih baiknya melakukan pola hidup sehat dan makan makanan yang kaya serat. 

Berikut beberapa daftar makanan yang dapat membantu memperlancar BAB. 

1 . Buah Apel

source : earth.com

Kandungan serat yang bernama pektin dalam buah apel dapat mempercepat pergerakan tinja melalui usus dan mempercepat waktu transit di usus besar. Bahkan pektin juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. 

2 . Kacang- kacangan

source : foodandstyle.com

Kacang-kacangan memiliki serat larut dan tidak larut dengan jumlah yang baik, dimana keduanya dapat membantu meringankan sembelit. Sebuah studi membuktikan bahwa serat larut dan tidak larut dalam makanan dapat mengurangi sembelit. 

3 . Brokoli

source : cuisineaz.com

Brokoli selain mengandung serat juga mengandung vitamin C, vitamin K dan folat. Brokoli bisa menjadi salah satu pilihan sayuran untuk memperlancar BAB. 

4 . Ubi Jalar

source : mashed.com

Sebuah studi membuktikan ubi jalar membantu mengatasi sembelit pada penderita leukimia yang sedang melakukan kemoterapi. Kandungan serat seperti selulosa dan lignin dimana tidak larut dalam air dapat membantu memperlancar pergerakan usus. 

5 . Buah Pir

source : hollandandbarrett.com

Selain mengandung serat yang tinggi, buah pir juga kaya akan senyawa fruktosa dan sorbitol. Kandungan kedua nutrisi tersebut dapat merangsang pergerakan usus jadi lebih cepat. Fruktosa merupakan jenis gula yang dapat merangsang pergerakan usus. 

6 . Buah Kiwi

source : healthifyme.com

Kiwi merupakan salah satu buah yang tinggi serat. Di dalam buah kiwi terdapat enzim yang bernama actinidain dimana enzim tersebut dapat merangsang pergerakan di usus sehingga BAB menjadi lebih lancar. 

Buat kalian yang tidak suka memakan buah kiwi secara langsung, kalian bisa menambahkan buah kiwi dalam sereal seperti oatmeal atau dijadikan salad buah

7 . Roti Gandum

source : recipeland.com

Roti gandum memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Dimana roti gandum murni yang memiliki warna lebih gelap lebih baik daripada roti gandum putih biasa. 

8 . Buah Pepaya

source : drzubairmirza.com

Buah yang mudah ditemukan ini ternyata kaya akan nutrisi dimana kandungan Alkaloid Karpain selain mengatasi BAB dan melancarkan pencernaan juga dapat mengatasi sariawan, meredakan demam dan mengurangi resiko terkena serangan jantung. 

9 . Chia Seeds

source : eatthis.com

Biji Chia Seeds jika terkena air akan membentuk gel, dan gel membantu melunakkan tinja sehingga memudahkan untuk lewat. 

10 . Alpukat

source : youmatter.world

Selain dijadikan sebagai terapi kecantikan alpukat ternyata bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit atau konstipasi. 

Demikian beberapa pilihan makanan yang bisa dijadikan sebagai pelancar BAB dan mengurangi sembelit. Buat kalian yang mengalami sembelit alangkah baiknya sebelum menggunakan obat-obatan bisa dicoba menggunakan pola hidup sehat dengan beberapa makanan diatas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here