Rekomendasi Film Pendek Berlatar Jogja

0
32
source : ibtimes.id

Dakonan.com(Rekomendasi Film Pendek Berlatar Jogja). Belum lama ini film Tilik yang diupload di channel youtube Ravacana Film besutan sutradara Wahyu Agung Prasetyo menjadi perbincangan warganet lantaran akting Siti Fauziah yang sukses memerankan peran Bu Tedjo. Siti Fauziah merupakan aktris yang aktif di teater, film pendek dan film layar lebar. 

Film yang diproduksi oleh Ravacana Film bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY ini sudah ditonton lebih dari 23 juta kali. Dengan menikmati jalan cerita, para penonton juga disuguhi dengan pemandangan pegunungan, sawah, dan suasana pedesaan di Kabupaten Bantul tepatnya Imogiri. 

Jalan cerita yang menggambarkan keseharian masyarakat tidak kalah menarik dengan film layar lebar yang bisa dinikmati dikala waktu senggang. 

Selain film Tilik masih banyak film-film pendek karya anak bangsa yang berlatar Jogja. Berikut beberapa rekomendasi film pendek berlatar Jogja.

1 . Lemantun

Lemantun yang artinya lemari merupakan salah satu film pendek karya Wregas Bhanuteja. Film ini menceritakan tentang seorang ibu yang memberikan kepada kelima anaknya. Namun warisan itu bukanlah sebidang tanah, sebuah rumah, maupun uang tapi warisan yang diberikan adalah sebuah lemari. 

Film yang disutradarai Wregas Bhanuteja ini telah mendapat penghargaan di beberapa festival film diantaranya Film Pendek Terbaik XXI Short Film Festival 2015, Film Pendek Terbaik Apresiasi Film Indonesia 2015, Film pendek Terbaik Piala Maya 2015. 

Untuk lokasi yang digunakan untuk syuting film ini berada di dua tempat yaitu Salam, Magelang dan Yogyakarta. 

2 . KTP

Film pendek dengan genre komedi karya sutradara Bobby Prasetyo ini menceritakan tentang perdebatan seorang ASN dari kecamatan dengan Mbah Karsono seorang kakek tua penganut Kejawen. Dimana ASN tersebut berniat mendaftarkan Mbah Karsono sebagai Pemegang Kartu Kesehatan Pemula, tapi sayangnya Mbah Karsono tidak memiliki KTP sebagai salah satu syarat kartu tersebut.

Akhirnya ASN tersebut berniat membantu membuatkan KTP terlebih dahulu tapi dalam pengisian kolom agama, agama mbah Karsono yang penganut kepercayaan Kejawen tidak ada dalam kolom pilihan. 

Film ini juga membuka pandangan kita tentang toleransi, serta sosial masyarakat tentang gotong royong yang sekarang banyak ditinggalkan. 

3 . Anak Lanang

Selain film Tilik, Anak Lanang juga merupakan salah satu film pendek garapan Wahyu Agung Prasetyo yang bisa menjadi salah satu film pendek favorit warganet. Film dengan konsep pengambilan gambar dengan teknik one shot alias tak terjeda ini menceritakan tentang empat orang anak Sekolah Dasar membahas kehidupan sehari-hari mereka di atas becak saat pulang sekolah. 

4 . Natalan

Tidak jauh berbeda dengan Lemantun, Natalan juga membawa pesan mengenai keluarga. Film pendek produksi rumah film Kebon Studio Film yang disutradarai oleh Sidharta Tata menceritakan seorang anak laki-laki bernama Resnu dibintangi Ramon Y Tungka yang berjanji akan merayakan misa natal bersama dengan ibunya. Namun kegelisahan tergambar jelas dalam raut wajah Resnu, dimana di akhir cerita penonton dibuat menangis akan percakapan Resnu dengan sang ibu. 

5 . Singsot

Ravacana Film juga memiliki film pendek bertema horor yaitu Singsot. Singsot dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Bersiul. Film ini berkisah tentang anak laki-laki menginap dirumah kakek dan neneknya dimana ia suka bersiul di malam hari mengikuti suara burung kakeknya. 

Padahal sang nenek sudah menegur untuk tidak bersiul di malam hari karena nantinya akan didatangi hantu. Setelah mengalami pengalaman horor yang mengerikan anak laki-laki tersebut menjadi kapok untuk bersiul di malam hari.

Film ini juga mendapat sejumlah penghargaan yaitu Fiagra Horor Film Festival 2016, Taman Film Festival 2017, Jogja-Netpac Asian Film Festival 2016. 

Demikian beberapa rekomendasi film pendek dengan latar jogja yang bisa kalian tonton untuk mengisi waktu luang dan mengobati kalian akan kota Jogja Istimewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here