Perkembangan iPhone dari Masa ke Masa

0
432

Dakonan.com – Sudah hampir 12 tahun iPhone merajahi dunia gadget di seluruh dunia. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, iPhone telah merevolusi dan mengubah standar ponsel genggam yang di seluruh dunia. Meskipun dibanderol dengan harga yang super mahal alias tidak terjangkau di kalangan menengah ke bawah, iPhone masih menjadi smartphone paling populer hingga kini. Perkembangan iPhone dari masa ke masa menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar iPhone. 

Kali ini kita akan mengupas sejarah iPhone dari masa ke masa. Berikut ulasannya !

1 . iPhone 2G

Merupakan generasi pertama iPhone yang dirilis pada 7 Januari 2007. iPhone 2G ini sudah dilengkapi dengan sistem layar sentuh juga sudah ada fitur kamera di dalamnya, meskipun masih berkapasitas 2 Megapixel. Dengan beberapa fitur yang ada pada iPhone 2G, Apple berani membandrol dengan harga 8 juta rupiah pada saat itu. 

2 . iPhone Series 3

Selang 1 tahun iPhone kembali merilis seri terbarunya, iPhone 3G dirilis pada tahun 2008 dan iPhone 3GS pada tahun 2009. Dari segi penampilan tidak jauh berbeda, hanya saja kecepatan akses internet iPhone 3GS jauh lebih cepat karena menggunakan iOS 3.0 sedangkan iPhone 3G menggunakan 2.0. Keduanya juga telah didukung koneksi jaringan 3G dan dilengkapi fitur GPS. 

3 . iPhone Series 4

Untuk iPhone series 4 sendiri memiliki perkembangan yang sangat signifikan. iPhone 4 dan iPhone 4S ini telah dilengkapi fitur retina display dengan resolusi 960*640 pixel. Untuk kualitas foto sendiri sudah jauh lebih baik yaitu memiliki kapasitas 5 megapixel untuk iPhone 4 dan 8 megapixel untuk iPhone 4S. Tapi sayangnya, sehari setelah iPhone 4S rilis Steve Jobs meninggal dunia pada usianya yang ke 56 tahun. 

4 . iPhone Series 5

Tahun 2012 iPhone kembali merilis seri terbarunya yaitu iPhone 5. iPhone seri ini sangat tipis dan ringan dengan layar 4 inch. Processornya juga 2 kali lebih cepat dari tipe sebelumnya, ditambah dengan dukungan koneksi internet 4G LTE juga akan membuat aktivitas internet menjadi lebih cepat. Setahun kemudian iPhone 5S dan 5C kembali rilis, untuk iPhone 5S sendiri memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan iPhone 5 dan memiliki fitur sidik jari untuk keamanan. Untuk iPhone 5C sendiri memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan iPhone 5 biasa. iPhone series 5 ini memiliki kamera utama 8 megapixel.

5 . iPhone Series 6

Generasi selanjutnya dari iPhone yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, kedua seri iPhone ini memiliki RAM yang lebih tinggi. Untuk segi ukuran iPhone 6 Plus lebih besar dengan layar 5,5 inch dan untuk kamera masih sama dengan seri iPhone series 5 yaitu 8 megapixel. 

6 . iPhone SE

Apple menyebutnya sebagai iPhone special edition, dari segi bentuk iPhone SE memiliki bentuk yang hampir sama dengan Iphone 5S. Untuk kamera utamanya sudah 12 megapixel, bahkan ada rumor jika Apple akan merilis tipe kedua dari iPhone SE pada tahun 2020 nanti. 

7 . iPhone Series 7

Tahun 2016 generasi kesepuluh dari iPhone rilis yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. sama dengan iPhone series 6, iPhone 7 Plus memiliki ukuran yang lebih besar dari iPhone 7 yang hanya berukuran 4,7 inch. Apple juga mengumumkan bahwa gadget ini anti air, jadi buat kalian yang suka diving, smartphone yang satu ini wajib kalian bawa. 

8 . iPhone Series 8

Untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ini memiliki fitur yang canggih. Keduanya dilengkapi kamera belakang yang sangat populer yaitu 12 megapixel dengan peningkatan yang lebih bagus. Selain itu kaca layar merupakan yang terkuat diantara ponsel pintar lainnya. Seri ini juga mampu melakukan pengisian baterai nirkabel jadi tidak perlu repot-repot bawa kabel charge. Tidak hanya itu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga dipasangkan iOS 11 agar para pengguna bisa menggunakan aplikasi dan main game dengan lancar. 

9 . iPhone Series X

iPhone keluaran tahun 2017 dan 2018 ini terdiri dari iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR yang masing-masing dilengkapi dengan prosesor super tinggi. Untuk tipe iPhone XR sendiri memiliki kamera belakang 12 MP sedangkan untuk tipe iPhone yang lainnya memiliki kamera ganda dengan resolusi yang sama yaitu 12 MP. Dari segi ukuran semuanya memiliki perbedaan, dan yang paling menonjol adalah iPhone XS Max dengan layar 6,5 inch kebayangkan gimana besarnya? 

10 . iPhone Series 11

Kalau untuk tipe yang ini masih hangat-hangatnya pemirsa. iPhone terbaru ini terdiri dari iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Di setiap tipe iPhone ini semuanya memiliki perbedaan, yang paling menonjol adalah pada fitur kameranya. Untuk iPhone 11 hanya memiliki 2 buah kamera beresolusi 12 MP sedangkan untuk iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max ada 3 buah kamera. Untuk segi ukuran semuanya juga memiliki perbedaan ukuran yang berbeda. Dari segi harga pastinya tidak usah ditanya lagi berapa. 

Nah sudah pada tahu kan perkembangan fitur-fitur yang ada pada iPhone, adakah dari kalian yang memiliki salah satunya atau memiliki setiap seri dari iPhone?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here