Perbedaan Sea Games dan Asian Games

0
218

Dakonan.com – SEA Games dan Asian Games dua jenis kompetisi olahraga yang sama-sama menampilkan perlombaan olahraga seperti atletik, renang, sepak bola, bola volly, anggar, gulat dan lain sebagainya. Beberapa olahraga yang tidak tampil di Olimpiade seperti Wushu dan Pencak Silat juga pernah ditampilkan sebagai ajang eksebisi.

SEA Games atau Pesta Olahraga Asia Tenggara adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. SEA Games diselenggarakan oleh Southeast Asian Games Federation dibawah pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional / International Olympic Committee (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia / Olympic Council of Asia (OCA).

Asian Games  disebut juga Asiad (dari Asia dan Olimpiade), adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun, dengan atlet-atlet dari seluruh Asia. Ajang olahraga ini diikuti oleh seluruh negara Asia yang terdaftar dalam Dewan Olimpiade Asia (OCA)

Meskipun dua jenis kompetisi ini sama-sama merupakan jenis kompetisi olahraga, tapi keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Perbedaan SEA Games dan Asian Games:

  1. SEA Games diikuti oleh negara se Asia Tenggara, sedangkan Asian Games diikuti negara-negara se benua Asia
  2. SEA Games diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, sedangkan Asian Games diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. SEA Games diselenggarakan setiap tahun ganjil sementara Asian Games diselenggarakan pada tahun genap dimana Olimpiade tidak digelar.
  3. SEA Games pertama kali diadakan pada tahun 1959 di Bangkok, Thailand, sedangkan Asian Games pertama kali diadakan pada tahun 1951 di New Delhi, India.
  4. SEA Games diselenggarakan oleh Southeast Asian Games Federation (Federasi Olahraga Asia Tenggara), sedangkan Asian Games diselenggarakan oleh Olympic Council of Asia atau Komisi Olimpiade Asia.

Untuk SEA Games, Indonesia telah menjadi tuan rumah pada SEA Games 1979, 1978, 1997 dan 2011. Sedangkan untuk Asian Games, Indonesia telah menjadi tuan rumah pada Asian Games 1962 dan akan menjadi tuan rumah lagi pada Asian Games 2018.

Demikian informasi mengenai SEA Games dan Asian Games, bersiapkah kalian untuk menyaksikan Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here