Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan

0
28
source : loveexploring.com

Dakonan.com – Di muka bumi terdapat dua kutub yang kita kenal saat ini yaitu kutub utara dan kutub selatan dimana kedua kutub ini merupakan medan magnet bumi. Kutub utara dan kutub selatan ini memiliki wilayah yang luas yang semuanya didominasi oleh es dan salju. 

Sekilas kutub utara dan kutub selatan terlihat sama, namun sebenarnya kedua kutub ini memiliki perbedaan yang mendasar. Berikut perbedaan kutub utara dan kutub selatan. 

1 . Wilayah yang tertutup es

Wilayah kutub utara (arktika) memiliki wilayah seluas 5,4 juta mil persegi yang merupakan lautan yang membeku. Sedangkan wilayah kutub selatan (antartika) memiliki wilayah seluas 6 juta mil persegi yang merupakan daratan yang membeku.

2 . Habitat Hewan

source : 10best.com

Masing-masing kutub memiliki habitat hewan tersendiri, beruang kutub adalah satu-satunya habitat hewan yang tinggal di wilayah kutub utara. Sedangkan penguin adalah habitat hewan yang tinggal di kutub selatan. Jadi kalian tidak akan pernah menemukan beruang kutub dan penguin dalam satu wilayah kutub yang sama. 

3 . Penduduk Tinggal

source : phinemo.com

Kutub selatan menjadi satu-satunya tempat di Bumi yang tidak dihuni oleh manusia, wilayah kutub selatan hanya digunakan sebagai tempat penelitian. Sedangkan kutub utara memiliki penduduk asli sekitar 4 juta penduduk asli yang tinggal di wilayah kutub utara. 

4 . Suhu Wilayah

Meskipun sama-sama tertutup oleh es, kutub utara dan kutub selatan memiliki suhu yang berbeda. Rata-rata suhu di kutub utara adalah sekitar – 40°C sedangkan untuk kutub selatan memiliki suhu yang lebih dingin yaitu – 60°C bahkan suhu di kutub selatan pernah mencapai -89°C pada tahun 1983.

5 . Sumber daya alam

Kutub utara dan kutub selatan memiliki sumber daya alam yang sama yaitu minyak. Namun untuk sumber daya alam di kutub utara sudah diklaim oleh Amerika dan Rusia, dan digunakan sesuai kepentingan negara masing-masing. Sedangkan sumber daya minyak di kutub selatan tidak dikelola oleh negara manapun karena adanya Perjanjian Antartika.

Demikian perbedaan kutub utara dan kutub selatan. Jadi buat para pembaca sekalian jangan samakan sesuatu yang pada dasarnya berbeda meskipun pada dasarnya terlihat sama. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here