Perbedaan Hacker dan Cracker

0
43
source : theolivepress.es

Dakonan.com(Perbedaan Hacker dan Cracker). Apa yang anda pikirkan jika mendengar kata Hacker dan Cracker? Peretas? Orang yang suka merusak sistem? Orang yang suka merusak data? Pada dasarnya Hacker dan Cracker memiliki satu subjek atau pekerjaan yang sama yaitu Hacking.  

Hacking adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan akses ke jaringan komputer seseorang untuk tujuan ilegal atau tidak sah. 

Dari definisinya sendiri Hacker dan Cracker sudah berbeda

  • Hacker adalah orang yang melakukan hacking untuk tujuan yang baik. Hacker biasanya merupakan seseorang yang ahli dalam bidang pemrograman dan jaringan komputer. Mereka meretas sebuah sistem komputer hanya untuk mengasah skill mereka sejauh mana kemampuannya, sekaligus menambah ilmu pengetahuan dengan sistem yang mereka retas. Hacker juga tidak pernah dengan sengaja untuk meretas data. Dalam dunia IT hacker ada tiga jenis yaitu white hat, black hat, dan grey hat
    • White hat : Hacker white hat bisa dibilang sebagai hacker yang legal karena dengan kemampuan mereka sebagai programmer, developer maupun orang yang jago dalam bidang IT mereka biasa meretas sistem untuk mengetes dimana celah yang harus diperbaiki. Hacker white hat biasanya sudah mendapat izin dari pemilik sistem untuk melakukan pengecekan. Bahkan hacker white hat bisa dijadikan sebagai sebuah profesi pekerjaan disebuah perusahaan. 
    • Black hat : Berbeda dengan white hat, hacker black hat ini memiliki skill yang digunakan untuk tindak kejahatan seperti mencuri data untuk dijual kembali, merusak data, bahkan mereka terkadang juga membuat worm yang sifatnya merusak data. 
    • Grey hat : Hacker jenis ini tidak masuk dalam kategori white hat maupun black hat. Karena grey hat merupakan hacker yang masuk ke sistem komputer secara ilegal dan menemukan suatu celah tapi tidak merusaknya namun mereka memberitahu sang pemilik jika sistem komputer mereka memiliki celah. Bisa dibilang berbuat baik namun dengan jalan yang salah. 
  • Cracker adalah orang yang melakukan peretasan untuk tujuan yang jahat. Cracker merusak data dengan mendapatkan akses yang tidak sah. Mereka bahkan tak segan untuk mencuri data dan menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan. 

Untuk definisi hacker dan cracker sendiri sudah sangat jauh berbeda. Dan untuk perbedaanya antara hacker dan cracker yang dilansir dari geeksforgeeks.org

Hacker Cracker
Memiliki keterampilan mengenai OS dan bahasa pemrograman
Hanya mengetahui mengenai trik mencuri data
Memiliki komunitas yang terbuka untuk membantu meilindungi data dan berbagi ilmu dengan hacker lain
Memiliki komunitas yang tertutup dan sembungi dbandingkan hacker
Hacker tidak pernah merusak data
Ketika cracker menemukan lubang loop mereka akan menghapus dan merusak data
Progran hacker untuk memeriksa integritas dan kerentangan kekuatan jaringan
Cracker tidak membuat tools baru tapi menggunakan program orang lain untuk merusak data
Hacker memiliki sertifikat hukum, ex : sertifikat CEH
Cracker tidak memiliki sertifikat hukum karena sifatnya yang anonim

Demikian beberapa perbedaan hacker dan cracker, semoga menambah ilmu buat kalian. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here