Payment Gateway Paling Populer di Indonesia

0
72

Dakonan.com  – Seiring berkembangnya tren startup dan belanja online melalui market place maupun online store peranan payment gateway saat ini sangat penting demi kelancaran bertransaksi. Bagi para pelaku e-commerce peranan payment gateway sangat penting karena bisa menerima berbagai pilihan pembayaran melalui website, kartu debit/kredit, ataupun transfer antarbank.

Payment gateway multinasional tidak menyediakan layanan pembayaran lokal (seperti transfer antarbank), sehingga untuk mendapatkan pelayanan komplit, Anda harus bekerjasama dengan layanan payment gateway dalam negeri. Keuntungan yang didapat oleh e-commerce jika memiliki fasilitas payment gateway adalah salah satunya akan memiliki kesan terpercaya dimana konsumen.

Berikut adalah beberapa payment gateway yang terpopuler di Indonesia :

DOKU

DOKU yang sebelumnya bernama PT. Nusa Satu Inti Artha didirikan pada tahun 2007 sebagai layanan pembayaran elektronik pertama di Indonesia. Layanan doku membantu sipapun untuk menyimpan uang, melakukan pembayaran online dan offline dengan aman, kapanpun dan dimanapun dengan mudah. Setelah berhasil mendapatkan lisensi e-money dari Bank Indonesia pada tahun 2012, DOKU meluncurkan produk uang elektroniknya untuk pertama kali di bulan April 2013. Saat ini uang elektronik DOKU telah digunakan oleh lebih dari 1 juta konsumen Indonesia dan bekerjasama dengan lebih dari 22.000 merchant.

Midtrans

MIdtrans pertama kali didirikan pada tahun 2012 dengan nama Veritrans yang bertujuan untuk memfasilitasi bisnis online di Indoensia dengan sistem pembayaran yang mudah dan terpercaya. Saat ini Midtrans telah bekerjasama dengan berbagai Bank terdepan di Indonesia seperti BCA, BNI, Bank Mandiri, CIMB, dan para pemuka di industri teknologi digital serta bekerjasama dengan berbagai industri dalam menyediakan infrastruktur yang kuat untuk eCommerce Indonesia.

Kaspay

Bagi para pengguna KASKUS pasti tidak asing lagi dengan istilah Kaspay. Kaspay atau Kaspay KASKUS adalah fasilitas yang dimiliki KASKUS untuk menjembatani proses pembayaran antara Seller dan Buyer yang bertransaksi di KASKUS. Kaspay lahir dimana banyak penipuan iklan bodong yang sering terjadi dimana pembeli telah mentransfer uang namun pihak penjual tidak mengirimkan barang dagangannya, maka dari sinilah Kaspay lahir.

iPaymu

iPaymu memiliki fungsi yang sama dengan payment gateway yang lain yaitu untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi dengan menggunakan layanan internet. Tidak hanya untuk situs online, iPaymu juga bisa  digunakan jika ingin bertransaksi online untuk memberikan sumbangan, sekadar mengirimkan uang/ transfer, berlangganan, dan juga pada saat ingin melakukan penarikan uang.

Firstpay

Firstpay adalah sebuah perusahaan payment gateway dengan konsep One-Stop Payment Solution yang menyediakan banyak pilihan metode pembayaran kepada pemilik website. FirstPay menawarkan sebuah pembayaran elektronik dengan otorisasi yang dilakukan secara real time sehingga memudahkan merchant untuk menangani pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan dengan berbagai metode pembayaran yang ada. FirstPay Bekerjasama dan menangani Kartu Kredit (Master Card dan Visa) BCA, Mandiri, Jaringan ATM Bersama, Prima, Alto dan E-money.

Finpay

Finpay yang diprakarsai oleh PT Finnet Indonesia, anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia, bisa disebut sebagai kasir untuk transaksi online. Layanan Finpay ini dapat menerima transaksi pembayaran antara lain dengan kartu kredit, bank transfer secara elektronik, internet banking, mobile banking, ataupun dengan e-money.

Demikian ulasan mengenai beberapa “Payment Gateway Paling Populer di Indonesia”. Buat para pelaku e-commerce silahkan memilih mana yang terbaik dan nyaman untuk bisnis anda semua. Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here