Menu Buka Puasa Khas Negara Muslim di Dunia

0
29

Dakonan.com – Bulan ramadhan telah tiba buat kaum muslim yang menjalankan ibadah puasa pasti sudah merencanakan menu khusus untuk berbuka puasa setiap harinya. Tidak hanya di Indonesia bahkan di negara muslim di dunia lainnya terdapat makanan khas untuk berbuka puasa. Berikut menu khas buka puasa dari beberapa negara muslim di dunia

Roti Pide – Turki

foto : firinpidekebap

Di negara Turki Roti Pide menjadi hidangan khas untuk berbuka puasa. Di sejumlah restoran roti pide menjadi menu set (platter) khas pembuka puasa yang terdiri dari sup iftariye, pastirma, sujuk, dan aneka kue khas yang populer dengan sebutan borek. Sementara untuk hidangan penutup masyarakat Turki biasanya menghidangkan Gullac yang memiliki tekstur kenyal dan terasa manis. Menu tersebut hanya muncul saat bulan ramadhan saja, jadi buat kalian yang ingin mencoba menu tersebut datanglah ke Turki saat bulan ramadhan.

Samosa – Pakistan

foto : placeralplato

Makanan dengan isinya yang bermacam-macam termasuk keju, Lahm (domba) dan sapi ini merupakan hidangan berbuka puasa bagi kaum muslim di Pakistan. Makanan yang mirip dengan pastel ini dijadikan hidangan pembuka untuk masyarakat Pakistan.

Kolak – Indonesia

foto : inovasee

Jika di Indonesia sendiri menu paling khas untuk berbuka puasa adalah kolak. Menu ini paling populer saat bulan ramadhan, untuk variannya juga bisa bermacam-macam seperti kolak pisang, kolak ubi, kolak labu, dan masih banyak lagi menu kolak-kolak yang lain.

Medamas – Mesir

foto :  Sous Chef

Medamas adalah makanan tradisional khas mesir yang terbuat dari rebusan kacang lava disajikan dengan minyak, bawang putih dan air lemon. Medamas adalah menu makan pagi untuk masyarakat Mesir. Namun ketika bulan ramadhan Medamas disajikan sebagai hidangan berbuka puasa.

Harira – Maroko

foto : taste

Harira adalah sup tradisional khas Maroko dengan isian daging domba, tomat, chickpea, dan rempah-rempah. Menu ini biasa disajikan dalam keadaan hangat sebagai jamuan untuk berbuka puasa.

Rooh Afza – Bangladesh

foto : menswelfare

Selain mempunyai beragam makanan khas untuk berbuka puasa seperti Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola. Bangladesh juga punya minuman favorit yang harus ada ketika berbuka yaitu rooh afza.

Lahm lhalou – Algeria

foto : youtube

Lahm lhalou yag berarti “daging manis” merupakan hidangan yang sangat populer di Algeria terutama saat bulan ramadhan. Makanan ini terbuat dari daging domba yang dimasak dengan buah prune dan kuah yang dibumbui kunyit.  Biasanya Lahm lhalou disantap setelah memakan beberapa biji buah kurma.

Sekian mengenai Menu Buka Khas Negara Muslim di Dunia semoga bisa menjadi inspirasi kalian untuk menentukan menu buka puasa apa hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here