Menu berbuka dan sahur ala Nabi Muhammad SAW

0
134

Berbuka merupakan salah satu hal yang paling ditunggu bagi orang yang berpuasa. Dan saat berbuka biasanya kaum muslimin menyiapkan dengan sigap. Tapi perlu diperhatikan saat berbuka puasa makanlah secukupnya.

Tahukah kalian menu buka puasa dan makan sahur Nabi Muhammad shallallahu ‘alihi wa sallam? Menu buka puasa nabi sangat sederhana yaitu hanya berupa ruthob (kurma basah), atau tamr (kurma kering), atau air putih.

Sebagaimana diterapkan dalam sebuah hadist,

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu beliau berkata : “Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam berbuka puasa sebelum melakukan sholat magrib dengan ruthob, jika tidak ada ruthob (kurma basah)maka beliau berbuka dengan beberapa butir tamr(kurma kering) dan jika tidak ada tamar maka beliau meminum beberapa teguk air putih”.

Hal ini sekaligus menunjukan bahwa jika ketika seseorang yang berpuasa tidak mendapatkan apa-apa untuk berbuka puasa maka dia berbuka dengan makanan apa saja yang halal, jika ia tidak mendapatkan apa-apa juga maka dia meniatkan saja untuk berbuka, karena siapa yang berniat buka puasa maka terhitung telah berbuka berpuasa.

Kurma dan Air

Sederhana tapi barokah, mungkin sebagian orang akan bertanya. Kenapa harus berbuka dengan kurma atau air putih? Bukankan masih banyak menu makanan dan minuman yang lebih bergizi? Mungkin sebagian orang lebih memilih berbuka puasa dengan minuman suplemen.

Namun bagi seorang Muslim yang komitmen mengikuti dan meneladani Rasul ( ittiba’ dan iqtida ) selalu yakin bahwa sebaik-baik petunjuk dan resep adalah yang berasal dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Terkait berbuka dengan air putih dan kurma Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terangkan bahwa masing-masing dari keduanya suci dan mengandung berkah. Sebagaimana diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Salman ibn ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada, maka dengan air karena air itu bersih dan suci .” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)”

Berkah artinya kebaikan yang banyak dan langgeng. Orang yang berbuka dengan kurma akan memperoleh berkah, berupa pahala dan kebaikan yang banyak. Diantara berkah berbuka puasa dengan kurma adalah mendapatkan khasiat yang terkandung dalam kurma.

Kurma mengandung dzat-dzat penting dibutuhkan setelah seharian lambung kita kosong tidak terisi oleh makanan dan minuman. Karena itu, saat berbuka puasa, organ pencernaan kita (khususnya lambung) membutuhkan sesuatu yang lembut agar dapat bekerja kembali dengan baik. Jadi, makanan yang masuk harus yang mudah dicerna serta mengandung gula dan air dalam satu makanan. Tidak ada makanan yang mengandung gula dan air yang lebih baik daripada yang disebutkan oleh hadits Rasul. Nutrisi makanan yang paling cepat bisa dicerna dan sampai ke darah itu adalah zat gula, terlebih makanan yang mengandung satu atau dua dzat gula. Dan itu terdapat dalam kurma.

Itulah sedikit informasi mengenai menu buka puasa Nabi Muhammah SAW. Sudahkan kalian mengikutinya ? 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here