Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan

0
40

Dakonan.com(Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan). Siapa sangka telur yang berasal dari burung puyuh dengan ukuran kecil berwarna putih dengan bintik-bintik coklat ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis burung yang berukuran sedang dan kerap ditemukan di kawasan Eroma, Amerika Serikat dan Afrika Utara ini selain bermanfaat bagi kesehatan ternyata memiliki rasio kuning telur ke putih yang lebih tinggi sehingga mereka tinggi kolesterol dibandingkan telur normal. 

Di Indonesia sendiri telur puyuh mudah ditemukan dari pasar tradisional hingga pasar swalayan. Telur yang kaya akan nutrisi ini juga bisa menjadi pengganti bagi mereka yang alergi telur ayam. 

Selain dihidangkan sebagai lauk makanan, telur puyuh juga banyak dijajakan di sekolah-sekolah sebagai cemilan. Berikut beberapa manfaat telur puyuh bagi kesehatan : 

1 . Membantu Mengobati Alergi

Dalam telur puyuh terdapat kandungan ovomucoid. Ovomucoid adalah senyawa yang berfungsi untuk mengatasi alergi. Apabila telur ayam berpotensi menimbulkan alergi, telur puyuh justru sebaliknya dapat mencegah dan mengatasi alergi. 

2 . Membantu Mencegah Kanker

Telur puyuh memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Memiliki zat antioksidan yang tinggi dapat membantu mengurangi stres oksidatif.

Di dalam kuning telur puyuh terdapat Lecithin. Lecithin berperan dalam memperbaiki sel dan memerangi kerusakan sel. 

3 . Membantu Meredakan Sakit Perut 

Selama berabad-abad telur puyuh dipercaya sebagai obat rumahan untuk mengobati gastritis (peradangan pada dinding lambung). Dalam telur puyuh terdapat kandungan antioksidan dan asam amino, senyawa yang dapat mengembalikan sel lendir dari lapisan perut. Mengkonsumsi telur puyuh secara teratur dapat membantu mengobati gangguan perut seperti sakit perut dan maag. 

4 . Membantu Menguatkan Tulang, Gigi dan Kuku

Mengkonsumsi telur puyuh secara teratur dapat memperkuat tulang karena dalam telur puyuh terdapat nutrisi penting seperti Vitamin D dan lisin. Vitaminnya mengatur jumlah mineral lain yang terlibat dalam kesehatan tulang, seperti fosfor dan kalsium. Selain itu kandungan Zinc dalam telur puyuh juga dapat membantu merawat kesehatan gigi.

5 . Membantu Mengatur Kadar Gula dalam Darah 

Diet berbasis gula dan lemak dapat membuat ketidakstabilan kadar gula dalam darah sehingga menyebabkan kesulitan dalam menurunkan berat badan dan menyebabkan penyakit yang lebih serius. 

Telur puyuh terbukti efisien dalam mengatur kadar gula dalam darah karena indeks glikemiknya yang rendah.

6 . Membantu Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme yang sehat membantu mengurangi masalah pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Kandungan Vitamin B dalam telur puyuh sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas di sistem metabolisme.

7 . Memperlambat Gejala Penuaan

Salah satu penyebab penuaan dini adalah stress, namun kondisi ini diperparah dengan kurangnya nutrisi dan vitamin. Kandungan antioksidan dalam telur puyuh membantu regenerasi sel yang rusak dan mengurangi tanda-tanda penuaan. 

8 . Mengurangi Resiko Anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia karena zat besi merupakan komponen struktural penting dalam sel darah merah, yang membawa oksigen ke dalam semua sel tubuh. Telur puyuh adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi terbaik yang bisa didapatkan guna mencegah anemia. 

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat telur puyuh bagi kesehatan. Meskipun demikian alangkah baiknya jika anda mengalami gejala-gejala yang diluar dugaan sebaiknya periksakan segera ke dokter sebelum terlambat. Semoga bermanfaat teman-teman. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here