Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

0
26
Fresh honey

Dakonan.com – Cairan kental berwarna keemasan yang berasal dari lebah ini tidak diragukan lagi khasiatnya bagi tubuh manusia. Saat ini banyak produk kecantikan dan kesehatan yang menjadikan madu sebagai bahan campurannya. Madu sangat umum dijadikan sebagai sumber energi karena kandungan 64 kalori per sendok makan. Madu memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin, yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah. Selain itu madu juga bersifat antibiotik yang dapat digunakan sebagai antiseptik alami tanpa efek samping.

Sejak zaman kuno, madu telah digunakan sebagai makanan maupun obat-obatan. Madu sangat tinggi dalam senyawa tanaman bermanfaat, dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan :

1 . Sebagai Obat Batuk

Hal yang paling sederhana dari madu adalah sebagai obat batuk senyawa dekstrometorfan dalam madu ternyata dapat menenangkan batuk. Selain menekan batuk, madu juga membantu membantu tidur kamu tetap nyenyak.

2 . Sebagai Obat Luka

Kandungan anti bakterial dan anti-inflamasi dapat mencegah bakteri dan menutup jaringan yang lupa. Bahkan, madu juga bisa digunakan sebagai obat sariawan alami.

3 . Mencegah Kanker

Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa kanker.

4 . Mencegah dan Mengobati Diabetes

Rasa manis pada madu berbeda dengan gula maupun pemanis buatan dengan kombinasi dari fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

5 . Membantu Mengobati Alergi

Jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja dapat memerangi reaksi alergi.

6 . Meningkatkan Metabolisme

Karena mengandung banyak nutrisi inilah maka dengan mengkonsumsi madu dengan sendiri metabolisme dalam tubuh akan meningkat.

7 . Mencegah Penuaan Pada Wajah

Madu berguna sebagai penangkal radikal bebas, dengan mencampurkan 2sdt madu dengan 2sdt air lemon dan tambahkan air kemudian masukkan kedalam botol. Kalian bisa menggunakannya sebagai toner.

8 . Pelembab Kulit Wajah

Dengan pemakaian rutin madu dapat digunakan untuk melembabkan kulit wajah maupun rambut. 2sdt madu dan 2sdt susu dapat dijadikan sebagai masker untuk melembabkan kulit wajah.

9 . Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Dan yang paling menjadi masalah hampir setiap orang yaitu jerawat, memiliki jerawat dan bekas jerawat dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Namun hanya sengan mengoleskan madu madu bagian yang berjerawat dan bekas jerawat dapat menjadikan wajah kalian terhindar dari jerawat.

10 . Memutihkan Kulit Wajah

Bahan yang paling alami untuk memutihkan kulit wajah yaitu dengan menggunakan madu. Dengan campuran 1 sdm madu, 1 sdm almond, 1 sdm teh air lemon, dan 1 sdm oatmeal kalian bisa menjadikan masker untuk mencerahkan kulit wajah.

Demikian beberapa manfaat dari madu untuk kesehatan dan kecantikan. Masih banyak lagi manfaat lainnya, jadi silahkan bisa bereksperimen kawan-kawan ­čśë

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here