Makanan Untuk Meningkatkan Produksi ASI

0
38

Dakonan.com(Makanan Untuk Meningkatkan Produksi ASI). Menyusui menjadi kebanggan dan kebahagiaan bagi setiap wanita, terutama jika dapat memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama. Memiliki produksi ASI yang melimpah dan buah hati tumbuh dengan baik dan sehat menjadi kebahagiaan tambahan untuk ibu menyusui. Namun salah satu dilema ibu menyusui adalah ketika produksi ASI yang menjadi sumber nutrisi penting buah hati kurang lancar. Sebagai solusi bagi para pejuang ASI tidak sedikit para ibu menyusui yang mengkonsumsi suplemen pelancar ASI untuk menambah produksi ASI. 

Tapi dibalik itu semua, pelancar ASI juga bisa didapatkan dari sumber makanan sehari-hari. Bahan makanan yang mudah ditemukan dipasaran yang dapat meningkatkan produksi ASI. berikut makanan untuk meningkatkan produksi ASI. 

1 . Daun Katuk

Sayuran yang satu ini tidak diragukan lagi khasiatnya dikalangan ibu menyusui. Bahkan bisa dikatakan sahabat para ibu menyusui. Sudah sejak lama daun katuk terbukti meningkatkan produksi ASI. 

Daun katuk memiliki kandungan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar hormon Prolaktin. Hormon Prolaktin merupakan salah satu hormon yang dapat meningkatkan produksi atau pelancar ASI pada payudara. 

2 . Oatmeal

Oatmeal disebut sebagai salah satu makanan pelancar ASI karena kaya akan kandungan zat besi. Karena zat besi yang rendah berpengaruh pada produksi ASI. 

Oatmeal menjadi salah satu makanan yang berpotensi membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga bisa memicu hormon Oxytocin (salah satu hormon yang mendukung produksi ASI). 

3 . Daun Bayam 

Daun bayam kaya akan zat besi, kalsium dan asam folat yang baik untuk pelancar ASI. selain itu kandungan fitoestrogen dalam bayam serupa seperti yang ada pada kacang arab. 

Selain bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI, sayur bayam juga juga dapat membantu melancarkan pembentukan sel darah merah bagi anda yang sedang pemulihan karena pendarahan setelah melahirkan. 

4 . Wortel

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, wortel juga mengandung segudang nutrisi yang baik untuk ibu menyusui. Wortel mengandung vitamin A, beta karoten, dan enzim Phytoestrogens. 

5 . Bawang Putih 

Selain dijadikan bumbu dalam setiap masakan nutrisi yang terkandung dalam bawang putih sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya itu, nutrisi yang terkandung juga dapat menstabilkan tekanan darah dan gula darah dalam tubuh.

6 . Kacang Almond

Kacang-kacangan sangat baik untuk ibu menyusui karena kaya akan zat besi, mineral, protein dan vitamin. Salah satu jenis kacang yang sering dikonsumsi ibu menyusui adalah kacang almond. Nutrisi yang terkandung dalam kacang almond dipercaya sangat baik dalam meningkatkan produksi ASI untuk ibu menyusui. 

7 . Kacang Hijau

Kacang hijau tidak hanya meningkatkan produksi ASI, tetapi protein yang dihasilkan dipercaya meningkatkan hormon reproduksi sehingga menstabilkan siklus menstruasi. 

8 . Daging merah tanpa lemak

Saat menyusui kebutuhan nutrisi akan meningkat termasuk kebutuhan aneka mineral dan zat besi. Daging sapi adalah salah satu sumber terbaik untuk meningkatkan mineral dalam tubuh. 

Demikian beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI dan baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Buat kalian para pejuang ASI tetaplah berjuang untuk mengASIhi meskipun setiap ibu dan bayi memiliki kondisi yang berbeda-beda. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here