Macam Mata Uang Digital (Cryptocurrency)

0
229

Dakonan.com – Seiring dengan perkembangan jaman saat ini mata uang tidak hanya dalam bentuk fisik saja, bahkan ada yang berbentuk digital atau biasa disebut Cryptocurrency. Cryptocurrency adalah mata uang digital yang transaksinya bisa menggunakan jaringan(online). Tidak seperti halnya mata uang kertas yang dicetak, cryptocurrency didesain dengan memecahkan soal-soal matematika berdasarkan kriptografi. Cryptocurrency yang pertama kali hadir dan meraih kesuksesan adalah bitcoin. Dan bagi kalian yang ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai macam mata uang dihital berikut pembahasannya.

Bitcoin (BTC, XBT)

Bitcoin adalah uang digital pertama yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Aset digital ini seperti halnya emas, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold, walaupun sebenarnya jauh berbeda. Banyak merchant yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran bahkan perusahaan besar seperti Microsoft menerima bitcoin sebagai alat pembayaran. Untuk simbol sticker bitcoin sendiri adalah BTC, XBT

Litecoin (LTC)

Litecoin dibuat pada tahun 2011, Charles Lee salah satu mantan karyawan google adalah pencetus mata uang ini. Pada dasarnya, Litecoin adalah versi sederhana dari bitcoin dan saat ini Litecoin termasuk kedalam lima besar cryptocurrency terpopuler di dunia. Litecoin memiliki jarak antar blok yang lebih pendek yaitu hanya 2,5 menit (Bitcoin: 10 menit), yang berarti tingkat kemampuan transaksinya berjalan lebih cepat daripada Bitcoin. Penggunaan algorithmnya pun berbeda dimana Litecoin menggunakan scrypt, sedangkan Bitcoin menggunakan SHA2.

Ripple (XRP)

Ripple dirilis pada tahun 2012 dengan sistem yang berbeda dari bitcoin. Tujuan utama penciptaan Ripple adalah sebagai alat pembayaran global berbasis Internet Protocol, seperti HTTP dan TCP/IP yang digunakan dalam pengaturan website dan data. Ripple menempati posisi ketiga mata uang digital terpopuler setelah Bitcoin dan Ethereum. Ripple menempati posisi ketiga mata uang digital terpopuler setelah Bitcoin dan Ethereum.

Ethereum (ETH)

Ethereum diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2014 dan tujuan Ethereum adalah untuk menjadi platform dimana smart contracts dapat diciptakan dan dijalankan yaitu aplikasi yang bisa berjalan sendiri sesuai pemrograman tanpa adanya downtime, sensor, penipuan ataupun gangguan dari pihak lain yaitu aplikasi yang bisa berjalan sendiri sesuai pemrograman tanpa adanya downtime, sensor, penipuan ataupun gangguan dari pihak lain.

Dash(DASH)

Dash yang awalnya dikenal dengan darkcoin adalah platform perangkat lunak mata uang kripto yang open source. Dash mempunyai fitur-fitur untuk merahasiakan transaksi sehingga membuat para pengguna dash merasa aman. DASH, pertama kali diluncurkan oleh Evan Duffield pada tanggal 18 Januari 2014 dengan nama XCoin kemudian 10 hari setelah rilis tepatnya tanggal 28 Januari 2014 berganti nama menjadi darkcoin. Pada bulan Maret 2015, ‘Darkcoin’ diganti namanya menjadi Dash, yang merupakan singkatan dari Digital Cash.

Monero (XMR)

Monero adalah mata uang digital yang aman, privat, dan tanpa jejak. Tidak seperti Bitcoin, Monero jauh lebih anonim dan private, terkenal karena digunakan di pasar gelap di seluruh dunia.

Zcash(ZEC)

Zcash hampir sama dengan monero yaitu alat pembayaran yang kerahasiaan. Yang menjadikan zcash unik dan berbeda dari mata uang lainnya adalah menggunakan cryptografi yg disebut Zero Knowledge of Proof atau zk-SNARK. Kriptografi yang sangat rumit dan kompleks.

Dogecoin (DOGE)

Dogecoin adalah mata uang digital sumber terbuka antar pribadi yang disukai oleh Shiba Inu di seluruh dunia.  Pencetusnya mempunyai nama Billi Markus yang merilis Dogecoin pada tahun 2013. Uang virtual ini sering dijadikan donasi dalam acara penggalangan dana atau melulu sebagai tip.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Macam Mata Uang Digital (Cryptocurrency). Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah informasi bagi kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here