Leukimia – Ciri, Gejala dan Penyebab Leukimia

0
45
Life Blood

Dakonan.com – Belum lama ini Shakira Aurum putri penyanyi Denada divonis menderita leukimia. Saat ini bocah yang baru berusia 5 tahun harus berjuang melawan penyakit yang tergolong berbahaya. Lantas apa Leukimia itu ? Dan bagaimana ciri dan gejalanya?

Apa Leukimia itu ?

Leukimia atau kanker darah adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih, dimana sel darah putih berfungsi melawan berbagai benda asing atau penyakit yang masuk kedalam tubuh. Sel darah putih sendiri dihasilkan oleh sumsum tulang belakang. Penyakit leukimia menjadi berbahaya karena jumlah sel darah putih yang sangat banyak dalam aliran darah dan sumsum tulang bisa membuat sel-sel darah lainnya terganggu proses pembuatannya. Akibatnya, sel-sel darah putih dan sel darah lainnya tidak mampu berfungsi sebagaimana seharusnya. Karena penumpukan sel darah putih terjadi di aliran darah, sel abnormal tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke otak dan tulang belakang.

Jenis – jenis Leukimia atau Kanker Darah

Leukimia sendiri ada berbagai jenis, dimana dalam kecepatan perkembangannya dapat menentukan penderita masuk kategori akut atau kronis.  

Kanker darah juga dapat dikategorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang. Kanker darah yang menyerang sel-sel limfa dikenal dengan istilah leukemia limfotik dan yang menyerang sel-sel mieloid disebut leukemia mielogen.

Berikut penjelasan mengenai empat jenis kanker darah yang sering terjadi :

  • Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)

Kanker jenis ini dapat menghambat fungsi limfosit sehingga penderita berpotensi mengalami infeksi serius. Umumnya kanker ini diidap oleh anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan juga menyerang dewasa.

  • Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah. Umumnya menyerang orang dewasa tapi AML juga dapat diidap oleh anak-anak serta remaja.

  • Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Jenis kanker darah ini hanya dialami oleh orang dewasa. CLL umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang lama.

  • Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

CML memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan. Tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga akan menurun secara drastis.

Ciri dan Gejala Leukimia

Ciri dan gejala leukimia pada dasarnya sulit dikenali karena tidak ada yang khas. Maka dari itu kita perlu mewaspadai gejala-gejala umum seperti :

  • Lemas atau kelelahan yang berkelanjutan.
  • Demam.
  • Menggigil.
  • Sakit kepala.
  • Muntah-muntah.
  • Keringat berlebihan, terutama pada malam hari.
  • Nyeri pada tulang atau sendi.
  • Penurunan berat badan.
  • Pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa.
  • Muncul infeksi yang parah atau sering terjadi.
  • Mudah mengalami pendarahan (misalnya sering mimisan) atau memar.
  • Muncul bintik-bintik merah pada pada kulit.

Penyebab Leukimia/Kanker Darah

Untuk penyebabnya leukimia sendiri ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang terkena leukimia. Faktor penyebab leukimia meliputi :

1 . Faktor keturunan atau genetika

Penderita down syndrome atau gangguan genetika lain yang langka meningkatkan risiko mengalami leukemia akut. Sedangkan leukemia limfatik kronis sering diturunkan dalam keluarga dan biasanya dialami pria. Selain itu, riwayat keluarga yang mengidap leukemia juga dapat memperbesar risiko mengalami penyakit yang sama.

2 . Rokok

Rokok tidak hanya menyebabkan penyakit leukimia saja namun penyakit yang lainnya juga.

3 . Paparan bahan kimia

Paparan bahan kimia tertentu, seperti benzena – yang ditemukan dalam bensin dan digunakan oleh industri kimia – juga dalam daftar risiko penyebab leukemia jenis tertentu.

4 . Pernah menjalani pengobatan kanker

Kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu kanker darah.

Berikut aritkel mengenai “Leukimia – Ciri, Gejala dan Penyebab Leukimia”. Semoga bisa memberikan kita pengetahuan sehingga kita lebih memperhatikan tentang budaya hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here