Jenis-jenis Gempa Bumi

0
155

Dakonan.com – Seperti yang kita tahu gempa bumi yang terjadi di pulau Lombok, NTB telah menelan banyak korban dan lagi Lombok juga mengalami gempa susulan sebanyak kurang lebih 1.973. Gempa bumi bermagnitudo 6,4 skala richter merupakan jenis gempa tektonik.

Apa itu gempa bumi ?

Gempa bumi adalah guncangan yang terjadi di permukaan Bumi yang disebabkan Gelombang Seismik. Gempa bumi pada umumnya terjadi disebabkan adanya pergeseran Kerak Bumi dari dasar Bumi. Bisa juga terjadi karena efek letusan gunung berapi atau bahkan oleh ulah manusia sendiri.

Penyebab gempa bumi

Gempa bumi sendiri terjadi bukan hanya karena faktor alam saja, tetapi juga ada faktor non alam yang menyebabkan terjadinya gempa bumi. Berikut beberapa penyebab terjadinya gempa bumi :

1 . Pergeseran lempeng bumi

Sebab utama yang dapat memicu terjadinya gempa bumi adalah adanya pelepasan energi, disebabkan pergeseran Lempeng Bumi. Semakin lama energi itu akan membesar dan akan mencapai keadaan maximum. Apabila pinggiran lempeng tidak bisa menahan energi tersebut maka akan mengakibatkan terjadinya gempa bumi.

2 . Pergeseran Magma

Gempa ini diakibatkan adanya tekanan gas yang sangat besar pada bagian sumbatan kawah. Dan gempa bumi ini merupakan gejala awal akan terjadinya bencana gunung meletus.

3 . Penggunaan bahan peledak

Gempa ini bukan diakibatkan karena faktor alam, namun oleh ulah manusia sendiri. Seperti seseorang meluncurkan atau melakukan percobaan tes senjata nuklir.

4 . Gerak lempeng bumi yang semakin menjauh/mendekat

Saat pergerakan lempeng bumi yang semakin mendekat/menjauh akan membentuk lempeng baru diantara lempeng tersebut.

Jenis-jenis gempa bumi

1 . Gempa bumi vulkanik

Gempa jenis ini terjadi ketika ada gunung berapi yang meletus, letusan gunung berapi terjadi karena adanya pergerakan magma yang berada di dalam gunung berapi. Kumpulan magma dari dalam bumi menyebabkan tekanan pada bebatuan sehingga memicu terjadinya letusan gunung berapi. Selain itu tekanan magma didalam perut gunung juga dapat apat menimbulkan longsor, retakan tanah dalam jangkauan yang luas, dan juga goncangan gempa, namun gempa yang dihasilkannya tidak begitu besar, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

2 . Gempa bumi tektonik

Gempa jenis ini diakibatkan karena adanya pergeseran lempeng bumi. Gempa ini mempunyai getaran yang sangat kecil bahkan bisa menjadi sangat besar. Apabila gempa terjadi di daerah perairan(laut) bisa memicu terjadinya tsunami. Gempa tektonik biasanya sering melanda daerah-daerah yang menempati Siklum Pasifik dan Siklum Mediterani. Getaran yang ditimbulkan gempa ini bisa mencapai keadaan sangat besar. Jadi gempa bumi salah satu gempa yang berbahaya bagi manusia dan dapat menimbulkan berbagai kerusakan.

3 . Gempa bumi ledakan

Gempa bumi ini disebabkan oleh suatu ledakan. Pemicu gempa ini pada dasarnya diakibatkan oleh ulah manusia. Seperti ledakan yang berasal dari bom atau ledakan dari nuklir.

4 . Gempa bumi runtuhan

Gempa ini merupakan gempa yang paling kecil. Biasanya terjadi karena adanya runtuhan material-material bumi. Daerah yang sering mengalami gempa bumi runtuhan kebanyakan di daerah kapur, maupun daerah pertambangan.

Demikian artikel mengenai “Jenis-jenis Gempa Bumi” sehingga menambah wawasan kita mengenai ilmu alam. Dan kondisi bumi yang kita tinggali saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here