Pesona Golden Sunrise Sikunir

0
127

Dakonan.com Sikunir merupakan bukit kecil yang terletak di dataran tinggi Dieng dengan dengan ketinggian 2263 mdpl. Salah satu tempat terbaik di dataran tinggi Dieng untuk menikmati Golden Sunrise. Tepatnya letak Sikunir di sebelah timur desa Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah merupakan desa tertinggi di Jawa.

Tidak hanya golden sunrise yang bisa di nikmati dari bukit Sikunir ini, pesona lain yang bisa dinikmati adalah pemandangan gunung-gunung yang berjajar dari tempat ini. Diantaranya gunung Sumbing, Sindoro, Slamet, Pakuwaja, dll. Sekalin itu ada Telaga Cebong di kaki bukit Sikunir yang indah dan air yang jernih. Akan lebih indah lagi jika dipandang dari Puncak Sikunir.

Sunrise terindah se-Asia Tenggara

Tak dapat dipungkiri bahwa yang paling utama yang diincar wisatawan saat berwisata ke Bukit Sikunir adalah Golden Sunrise-nya yang indah. Puncak Sikunir bahkan disebut-sebut sebagai tempat strategis untuk mendapatkan spot sunrise terindah dan terbaik se-Asia Tenggara. Hanya di Sikunir Anda bisa menyaksikan dan menikmati warna jingga keemasan Golden Sunrise di langit fajar menyinari gunung-gunung tinggi yang berselimut kabut.

Spot cantik inilah yang diincar dan dengan sabar ditunggu-tunggu pemburu sunrise di Bukit Sikunir. Secara serentak suara decak kagum dan bunyi jepretan kamera pengunjung mengiringi detik-detik bangunnya matahari dari peraduannya. Sungguh fenomena alam yang pantas mendapat pujian siapa saja, terutama pemburu sunrise dan pecinta fotografi. Fenomena Golden Sunrise Sikunir inilah yang membuat Bukit Sikunir menjadi tempat wisata yang sangat diminati dan layak diperhitungkan dalam destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng.

Spot terbaik untuk menikmati golden Sunrise Sikunir

Sikunir memiliki tiga spot terbaik untuk menikmati keindahan golden Sunrisenya

  • Spot pertama adalah bukit pertama yang bisa digunakan untuk menyaksikan terbitnya matahari secara penuh dan utuh dengan hamparan awan yang seolah membatasi antara desa tertinggi dengan desa-desa yang ada dibawahnya.
  • Spot kedua adalah bukit kedua yang biasa digunakan oleh para photografer untuk mengabadikan golden sunrise dengan foreground gazebo dibukit pertama dan back ground gunung sindoro sumbing.
  • Spot ketiga adalah bukit ketiga yang berada ditempat tertinggi, dari lokasi ini kita akan dapatkan dua arah pemandangan yang sama-sama menakjubkan,kalau kearahbarat kita akan dapat menyaksikan telaga cebong yang airnya terlihat kemilau dari puncak sikunir, berlatar pemandangan desa Sembungan dengan atap-atap seng hitam dan pemandangan bangunan masjidnya yang tinggi menjulang, pemandangan kearah timur kita dapat menyaksikan siluet para pengunjung yang diterpa sinar matahari kuning emas dan sebelah selatan tampak gunung sindoro yang terlihat dingin kebiruan.

Waktu terbaik menikmati Golden Sunrise

Sebenranya menikmati sunrise bisa kapan saja karena bentuk sunrise SIkunir tiap waktu berbeda-beda. Tapi jika ingin menikmati golden sunrise tanpa tertutup awn atau kabut datanglah pada musin kemarau di bulan July,Agustus,September bakhan bisa bukan Oktober. Pada bulan tersebut tidak banyak awan atau kabut , itu merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan golden sunrise.

Jika Anda datang pada bulan-bulan berikutnya, yaitu bulan November-Februari, sunrise akan diselimuti kabut dan awan pekat. Sebenarnya view sunrise tertutup kabut dan awan pekat tidaklah jelek. Gradasi warna gelap awan mendung dan jingga keemasan sunrise juga terlihat indah bagi beberapa orang. Dan terkadang akan muncul pelangi jika sebelumnya turun hujan atau gerimis. Datang pada bulan-bulan berikutnya, yaitu bulan antara Maret-Juni atau menjelang musim kemarau juga tidak akan mengecewakan Anda. Pada bulan-bulan ini sunrise hanya ditutupi kabut dan awan tipis. Lukisan gunung-gunung tinggi berselimut kabut tipis yang diinari sunrise di pagi hari tidak kalah cantik dengan sunrise di musim kemarau. Jadi, kapan saja Anda akan tetap bisa menikmati sunrise dengan karakter berbeda tiap bulannya.

Akses ke Sikunir

Untuk akses ke Sikunir cukup mudah jika anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan jarak dari Wonosobo(alun-alun Wonosobo) ke Dieng bisa dijempuh dalam waktu 50 menit. Dari Dataran Tinggi Dieng ambil jalur ke arah Desa sembungan yang berjarak sekitar 4 km. Jalan ke Desa Sembungan memang agak menanjak dan berkelok-kelok. Jadi Anda perlu berhati-ati berkendara. Setelah 15 menit perjalanan dengan kendaraan Anda akan sampai berjumpa dengan gerbang masuk desa yang mirip candi dengan tulisan “Welcome to SEMBUNGAN VILLAGE”. Memasuki Desa Sembungan Anda akan disuguhi pemandangan Telaga Cebong dan rumah-rumah penduduk dengan mesjid-mesjid berkubah tinggi yang menarik. Di dekat Telaga Cebong terdapat area parkir kendaraan. Parkirkan kendaraan Anda sebelum mendaki Bukit Sikunir. memasuki Kawasan Wisata Bukit Sikunir Anda hanya dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp5.000,00 per-orang. Jalur pendakian ke Bukit Sikunir tergolong pendek. Dari parkiran Bukit Sikunir yang merupakan star awal pendakian ke Puncak Sikunir berjarak 1 km atau dengan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam pendakian. Penerangan yang belum memadai serta jalur pendakian menanjak dengan jurang yang cukup curam di kiri kanan menharuskan Anda membawa penerangan. Perlu diingat waktu yang baik untuk mendaki Bukit Sikunir paling lambat pukul 03.30 dini hari agar Anda bisa menyaksikan sunrise. Karena Anda mendaki di pagi buta saat suhu udara sangat rendah, yaitu 10-15 derajat celsius, Anda harus menggunakan pakaian yang tebal agar tidak membeku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here