Film Studio Ghibli yang wajib kalian tonton

0
143

Dakonan.com – Buat kalian-kalian yang pengemar anime jepang pasti tau ya Studio Ghibli . ebuah studio film animasi yang berbasis di Koganei, Tokyo, Jepang. Film-film animenya mengandung unsur-unsur provokatif, imajinatif, emosional dan telah mendapatkan pujian yang luas dari seluruh dunia. Berikut adalah daftar film Studi Ghibli yang wajib kalian tonton :

1. Only Yesterday (1991)

Only Yesterday bercerita tentang seorang pekerja kantor yang mengenang masa kecilnya di Tokyo. Taeko, seorang pekerja berusia 27 tahun, belum menikah, dan tinggal di Tokyo. Dia kemudian memutuskan untuk mengunjungi kerabatnya di suatu pedesaan dengan kereta. Dalam perjalanan dia teriang dengan kenangan masa mudanya.

2. Kiki’s delivery Service (1989)

Sesuai tradisi penyihir, pada usia ketiga belas tahun, Kiki harus pindah ke kota lain. Dia harus meninggalkan Ibu, Ayah, serta kota kelahirannya. Kiki hanya akan ditemani Jiji si kucing hitam. Ibu sudah melarangnya tinggal di kota besar, tapi Kiki kepalang suka pada kota Koriko, karena menara jamnya sangat tinggi dan letaknya dekat dengan laut. Tapi astaga… warga kota Koriko tidak menyambut Kiki dengan hangat. Apakah Kiki bakal bisa bertahan di kota ini, padahal dia cuma bisa satu sihir:  terbang dengan sapu. Bagaimana nasib Kiki selanjutnya.

3. Grave of the Fireflies (1988)

Film ini menceritakan dua orang kakak beradik korban Perang Dunia II di Jepang yak ni Seita dan Satsuko. Sebelum penyerangan itu terjadi kehidupan keluarga Seita sangat harmonis, sampai suatu ketika datang serangan dari udara membakar rumah-rumah mengharuskan mereka untuk mengungsi. Ayah Seita dan Satsuko merupakan komandan pasukan Angkatan Laut.  Saat mereka pergi ke pengungsian mereka terpisah dengan sang Ibu sampai akhirnya mereka menemukan ibu mereka kembali di sebuah Rumah Sakit namun dalam kondisi sang Ibu mengalami luka bakar yang sangat parah sampai akhirnya ibu mereka meninggal dunia.

Kemudian Seita dan Satsuko memutuskan untuk tinggal bersama dengan bibinya untuk sementara waktu. Awalnya kehidupan Seita dan Setsuko di rumah bibinya berjalan dengan baik, namun lama kelamaan bibinya menjadi keras dan egois. Akhirnya mereka memutuskan untuk tinggal di sebuah gua dengan kondisi gua yang kotor dan tidak steril.

Ketika malam tiba Seita dan Setsuko menerangi gua dengan kunang-kunang, namun keesokan harinya selalu mati. Semakin lama mereka menetap di gua persediaan uang dan makanan mereka juga habis. Demi menyelamatkan nyawa sang adik Seita melakukan hal apapun termasuk mencuri untuk mendapatkan uang dan makanan. Namun suatu ketika Sestuko mengalami diare semakin hari tubuhkan semakin melemah karena kekurangan makanan dan gizi. Hingga kondisi Setsuko sudah tak tertolong lagi, ia ditemukan Seita pingsan di tepi sungai dan akhirnya meninggal.

4. Spirited Away (2001)

Chihiro adalah seorang gadis berusia sepuluh tahun, yang sedang melakukan perjalanan bersama dengan kedua orang tuanya untuk pindah ke sebuah kota yang baru. Saat dalam perjalanan mereka tersesat dan memutuskan mengambil jalan pintas melewati hutan yang mistis sampai akhirnya mereka berhenti disebuah tempat seperti taman hiburan yang ditinggalkan. Karena penasaran yang ayah mengarahkan untuk melewati sebuah terowongan dan terlihatlah hamparan rumput hijau, hingga menemukan sebuah kota sepi. Kemudian mereka memutuskan untuk jalan-jalan di kota tersebut sampai akhirnya mereka mencium bau makanan dan menemukan warung yang penuh dengan makanan lezat dan masih hangat tapi tidak ditemui satu orang penjualpun. Orang tua chihiro makan dengan lahap dan rakusnya makanan yang tersaji namun chihiro menolak untuk makan.

Ketika orang tuan chihiro sibuk dengan makanannya, ia memutuskan untuk berkeliling dan bertemu dengan seorang anak laki-laki. Anak laki-laki tersebut mengingatkan chihiro untuk meninggalkan tempat itu sebelum matahari terbenam, akhirnya chihiro menuju tempat dimana orang tuanya berada. Alangkah terkejutnya ia ketika menemuka orang tuanya sudah berubah menjadi seekor babi.

Akhirnya chihiro memutuskan untuk tinggal ditempat tersebut sampai orang tuanya kembali manusia kembali. Selama ia tinggal ditempat tersebut vhihiro bekerja disebuat tempat pemandian yang berisi roh-roh halus. Akankah chihiro berhasil membawa orang tuanya kembali?

5. Laputa : Castle in the sky (1986)

Castle in the sky menceritakan sebuat peradaban manusia yang telah membangun kota melayang, dimana kota tersebut dihancurkan oleh suatu malapetaka sehingga orang-orang yang selamat harus tinggal diatas tanah kembali. Satu-satunya kota melayang yang tersisa adalah Laputa yang tersembunyi diantara badai petir.

6. Arrietty (2001)

Arrietty , seorang remaja kecil yang tinggal bersama dengan orang tuanya disebuah rumah dipinggir kota tanpa sepengetahuan pemilik rumah dan pembantu rumah tangganya. Seperti makhluk dari jenisnya Arrietty tetap bersembunyi dari manusia, namun terkadang mereka keluar utnuk meminjam gula dan peralatan lainnya.

Sampai suatu hari datanglah seorang manusia remaja bernama Sho dan menyadari keberadaan Arrietty dan keluarganya. Ketika Arriety sedang meminjam tissu yang berada di kamar Sho , tanpa sengaja Sho melihatnya . sebelumnya Sho pernah diceritakan oleh orang tuanya bahwa ada manusia kecil di rumah tersebut dan akhirnya pernyataan orang tuanya terbukti. Namun karena keberadaan Arrietty dan jenisnya telah diketahui manusia yang dapat membahayakan hidupnya akhirnya dia dan jenisnya memutuskan untuk pergi dan mencari tempat tinggal baru.

7. Ponyo (2008)

Ponyo digambarkan oelh sesosok ikan mas seperti putri duyung yang memiliki kekuatan magis. Keinginannya untuk melihat kehidupan di daratan sempat ditentang oleh ayahnya, sampai pada akhirnya ia kabur dengan bersembunyi  diatas ubur-ubur sampai pada akhirnya ia di daratan dan ditemukan oleh seorang anak bernama Sosuke. Sosuke yang dalam proses menyelamatkan Ponyo terluka tangannya karena terkena pecahan kaca kemudian ketika luka tersebut dijilat oleh Ponyo langsung sembuh. Sosuke mengira Ponyo adalah ikan ajaib dan ia berniat untuk melindunginya. Kemudian ia memberi nama ikan tersebut Ponyo.

Sementara itu ayah Ponyo yang khawatir akan kondisi anaknya tersebut memutuskan untuk mencarinya ke daratan dengan meminta bantuan para roh lautan. Mengira Sosuke akan menyakiti anaknya, ia berhasil membawa kembali Ponyo ke lautan. Namun Ponyo enggan untuk tinggal di laut, karena ia telah menjilat darah Sosuke ketika terluka membuatnya memiliki sepasang tangan dan kaki. Akhirnya, dengan bantuan adik-adiknya ia berhasil kabur dari sang ayah, dan menggunakan sihirnya untuk menjadi manusia. Dan hal tersebuta membuat tsunami yang sangat dahsyat.

Karena kekhawatiran akan anaknya ayah Ponyo dan ibu Ponyo yang seorang dewi laut memutuskan untuk bertemu dengan orang tua Sosuke. Ia menceritakan bahwa Ponyo akan menjadi manusia seutuhkan jika ada orang yang menyayanginya dengan tulus.

8. When Marnie Was There (2014)

Anna (Sara Takatsuki) adalah gadis cantik berumur 12 tahun yang memiliki mata biru dan rambut yang coklat, dua fitur fisik yang tidak umum dimiliki perempuan Jepang. Anna merupakan yatim piatu dan diasuh oleh orangtua angkat bernama Yoriko (Nanako Matsushima). Anna menderita penyakit asma yang semakin parah, dokter menyarankan Anna untuk pindah ke daerah dengan udara segar agar kondisinya membaik.

Sesampainya di desa tempat Anna tinggal sementara, ia tertarik dengan sebuah rumah besar di pinggir rawa. Rumah tersebut sudah tidak berpenghuni , reot dan seperti rumah hantu. Namun disinilah Anna bertemu dengan Marnie, Marnie bukankan sesosok hantu lebih tepatnya seperti teman imajinasi bagi Anna. Ikatan antara Anna dan Marnie begitu fundamental seperti halnya ikatan keluarga. Di rumah itulah Anna mulain menemukan jati dirinya dan darimana dirinya berasal.

9. From Up on Poppy Hill (2011)

Setelah ayahnya yang seorang pelaut meninggal di Perang Korea, Umi Matsuzaki, seorang siswi SMA di kota Yokohama pada tahun 1960-an, setiap pagi selalu mengibarkan signal flag sebagai suatu kenangan untuk ayahnya. Disaat mencoba menyelamatkan clubhouse tua di sekolahnya, Umi bertemu dengan Shun Kazama. Disaat itulah mulai berkembang rasa cinta diantara mereka, namun rahasia masa lalu yang tiba-tiba muncul menjadi penghalang hubungan mereka.

10. My Neighbor Totoro (1988)

Tatsuo Kasukabe seorang dosen di universitas ternama yang pindah ke sebuah rumah tua bersama kedua anaknya, Satsuki dan Mei agar lebih dekat dengan rumah sakit tempat ibunya dirawat, Di rumah barunya, mereka berteman dengan seorang makhluk magical, bernama totoro, dan mengalami berbagai kejadian-kejadian menakjubkan.

Manakah yang menjadi favorit kalian ? Recommended buat kalian penggemar anime maupun yang bukan 😀

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here