Fakta Maria Pauline Lumowa, Pembobol Bank BNI

0
159
Fakta Maria Pauline Lumowa
Fakta Maria Pauline Lumowa

Dakonan.com(Fakta Maria Pauline Lumowa, Pembobol Bank BNI). Maria Pauline Lumowa telah menjadi buronan pemerintah Indonesia selama 17 tahun atas kasus pembobolan bank BNI senilai Rp 1,7 triliun. Setelah melakukan pembobolan bank BNI melalui Letter of Credit (L/C) fiktif ia melarikan diri ke Singapura pada tahun 2003.

Pada tahun 2009 keberadaan Maria Pauline diketahui berada di Belanda dan akhirnya pemerintah Indonesia mengajukan ekstradisi kepada pihak kerajaan Belanda namun tidak berhasil dan pada akhirnya Maria Pauline berhasil di tangkap di Serbia. Dengan adanya hubungan baik antar dua negara akhirnya permintaan ekstradisi Maria Pauline Lumowa berhasill dikabulkan pemerintah Serbia.

Berikut beberapa fakta mengenai Maria Pauline Lumowa.

1 . Menjadi Warga Negara Belanda sejak 1979

Perempuan kelahiran Paleloan, Sulawesi Utara 27 Juli 1958 ini ternyata sudah menjadi warga negara Belanda sejak tahun 1979. Hingga keberadaannya di Belanda diketahui, pemerintah Indonesia sempat mengajukan ekstradisi kepada kerajaan Belanda namun ditolak. Sampai muncul opsi agar Maria Pauline diadili di Belanda. 

2 . Pemilik PT Gramarindo Mega Indonesia

PT Gramarindo Mega Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor hasil perkebunan, pupuk cair dan industri marmer.

3 . Tersangka pembobol bank BNI senilai Rp 1,7 Triliun

Bersama dengan Adrian Waworuntu, Maria Pauline berhasil membobol kas bank BNI cabang Kemayoran Baru melalui Letter of Credit (L/C) fiktif. Senilai 136 juta dollar AS dan 56 juta Euro atau senilai Rp 1,7 triliun dengan kurs kala itu Bank BNI mengucurkan pinjaman kepada PT Gramarindo Group milik Maria Pauline pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003. 

Sampai pihak bank curiga pada transaksi PT Gramarindo Group yang ternyata adalah perusahaan fiktif. Namun Maria Pauline sudah meninggalkan Indonesia dan kabur ke Singapura pada September 2003, sebulan kemudian tepatnya Oktober 2003 ia ditetapkan sebagai tersangka pembobolan bank BNI bersama Adrian Waworuntu yang telah divonis hukuman seumur hidup pada 21 Februari 2005 dan sedang menjalani hukuman di LP Sukamiskin.

4 . Tertangkap di Serbia

Maria berhasil ditangkap Serbia oleh petugas NCB Interpol Serbia pada 16 Juli 2019 saat mendarat di Bandara International Nikola Tesla. 

Demikian beberapa fakta mengenai Maria Pauline Lumowa yang menjadi buronan pemerintah Indonesia selama 17 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here