Fakta dibalik Jamur Enoki yang sebabkan Listeria

0
82

Dakonan.com(Fakta dibalik Jamur Enoki yang sebabkan Listeria). Baru-baru ini Indonesia mengimpor jamur enoki dari Korea Selatan dan banyak dipasarkan di media online, pasar swalayan hingga ke pasar tradisional. Namun belum lama dipasarkan jamur enoki ditarik kembali dan dimusnahkan oleh pemerintah karena menyebabkan wabah Listeria. Apa itu virus Listeria ?

Listeria adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Listeria akibat keracunan makanan. Mayoritas orang yang terinfeksi tidak menyadari akan penyakitnya. Namun memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi, terlebih lagi jika bakteri ini bersarang para ibu hamil, lansia, dan orang-orang yang memiliki tingkat imunitas rendah. 

Jamur enoki merupakan tanaman asli Asia lebih tepatnya di China, Korea dan Jepang. Dan untuk jamur enoki yang tercemar bakteri enoki adalah jamur enoki yang diimpor dari Korea Selatan dan hanya beberapa merk tertentu saja. Namun dibalik bakteri Listeria yang terkandung dalam jamur ini, sebenarnya jamur enoki memiliki fakta-fakta unik lainnya diantaranya adalah sebagai berikut. 

1 . Jamur enoki biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional

Di negara China jamur enoki dijadikan sebagai obat tradisional karena kandungan protein yang tinggi dalam jamur enoki dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

2 . Menurunkan lemak tubuh

Kandungan asam linoleat dalam jamur enoki terbukti dalam menurunkan lemak dalam usus dan mengaktifkan pembakaran lemak, sehingga cocok untuk dijadikan menu diet. 

3 . Memiliki kandungan gizi yang baik

Selain memiliki kandungan vitamin B3, B5, B1, B2, dan Fosfor jamur enoki juga mengandung asam amino, hingga isoleucine dan leucine yang bagus untuk tubuh. Selain itu jamur enoki juga sebagai sumber vitamin, nutrisi dan mineral yang baik. 

4 . Sebagai bahan hidangan

Dalam menu hidangan Asia menemukan jamur enoki adalah hal yang mudah. Di Jepang Sendiri jamur enoki biasa digunakan dalam Sukiyaki ala Jepang dan dimasak dengan kuah tomyam. 

Faktanya tidak hanya jamur enoki saja yang mengandung bakteri Listeria namun juga seperti makanan kalengan dan seafood mentah juga bisa mengandung bakteri Listeria. Dan bahkan sayuran seperti wortel, bit, kentang juga bisa mengandung bakteri Listeria karena bersentuhan langsung dengan tanah. 

Demikian beberapa fakta mengenai jamur enoki yang dikabarkan menyebabkan wabah Listeria. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here