Diabetes – Gejala Awal Diabetes

0
38
source : diabetes.co.uk

Dakonan.com(Diabetes – Gejala Awal Diabetes). Diabetes mellitus atau biasa dikenal dengan diabetes adalah adalah penyakit metabolik yang menyebabkan kadar gula darah tinggi. Hormon insulin (kadar gula dalam darah) berfungsi untuk memindahkan gula dari darah ke tubuh untuk selanjutnya disimpan atau digunakan sebagai energi. Dengan adanya penyakit diabetes, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin secara efektif.  

Banyak penderita diabetes yang terlambat mengetahui jika dirinya terkena diabetes. Padahal jika mereka mengetahui ciri-ciri penyakit diabetes sejak dini peluang untuk terhindar dari diabetes akan semakin tinggi terlebih lagi jika diabetes tidak dikontrol dengan baik dapat menimbulkan berbagai penyakit komplikasi yang membahayakan nyawa. 

Ada beberapa jenis diabetes diantaranya : 

  • Diabetes Tipe 1 – Merupakan penyakit Autoimun dimana sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas tempat insulin dibuat. 
  • Diabetes Tipe 2 – Terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin, dan gula menumpuk di dalam darah. Prediabetes terjadi ketika gula darah lebih tinggi dari biasanya. 
  • Diabetes Gestasional – Gula darah tinggi selama kehamilan. Hormon penghambat insulin yang diproduksi oleh plasenta menyebabkan diabetes jenis ini. 

Gejala Diabetes

Berikut gejala umum diabetes yang perlu diwaspadai 

1 . Rasa haus berlebihan

Sering buang air kecil untuk menghilangkan kelebihan gula darah menyebabkan tubuh kekurangan banyak cairan. Seiring berjalannya waktu hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan seseorang merasa lebih haus. 

2 . Berat badan turun drastis

Karena tidak mendapatkan glukosa dari darah yang cukup untuk diubah oleh sel tubuh menjadi energi. Maka tubuh mencari bahan yang lain untuk diubah menjadi energi sehingga tubuh mulai membakar lemak dan otot untuk dijadikan energi. 

3 . Luka lambat sembuh

Pada penderita diabetes kadar gula darah yang tinggi dapat merusak sistem saraf dan pembuluh darah pada tubuh sehingga dapat mengganggu sirkulasi darah. Itulah yang menyebabkan luka pada penderita diabetes membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi. 

4 . Mudah lelah

Diabetes dapat berdampak pada tingkat energi seseorang dan menyebabkan seseorang mudah lelah karena kurangnya gula yang berpindah dari aliran darah ke sel-sel tubuh.  

5 . Penglihatan kabur

Diabetes dapat membuat penglihatan menjadi kabur karena kelebihan gula dalam darah dapat merusak pembuluh darah. Bahkan bisa terjadi pada kedua mata dan bisa datang dan pergi.

6 . Sering buang air kecil

Ketika kadar gula darah tinggi, ginjal mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Sehingga hal ini menimbulkan penderita diabetes lebih sering buang air kecil terutama di malam hari.

7 . Sering merasa lapar 

Pada penderita diabetes, glukosa tidak cukup bergerak dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Sehingga menyebabkan penderita diabetes sering sekali lapar. Dan fungsi glukosa sendiri adalah sebagai bahan bakar dalam tubuh.

8 . Jari dan kaki kesemutan

Kadar gula darah yang tinggi sehingga merusak sistem saraf pada tubuh dapat menyebabkan nyeri atau kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki pada penderita diabetes. 

Demikian beberapa gejala umum diabetes, jika kalian merasa mengalami beberapa gejala-gejala seperti diatas dalam rentan waktu yang cukup lama alangkah baiknya segera periksakanlah ke dokter untuk penanganan awal diabetes yang paling tepat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here