Cara Sederhana Kuatkan Rupiah

0
49

Dakonan.com – Belum lama ini nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat sempat melemah. Bahkan hingga tembus sampai Rp 15.000 per dollar AS. Bahkan hingga saat ini (19 September 2018) nilai tukar rupiah masih di angka Rp 14.800,-an. Meskipun hal tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah, namun sebenarnya kita juga bisa membantu menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Berikut cara sederhana kuatkan rupiah dilansir dari Narasi TV:

1 . Gunakan barang-barang lokal

Buat kalian yang suka membeli produk-produk luar negeri cobalah mulai sekarang gunakan produk-produk lokal. Selain kualitas produk dalam negeri yang berbeda dengan produk impor, sekarang banyak produk dalam negeri yang sudah tembus pasar internasional. Dan juga kita menghargai hasil karya anak bangsa.

2 . Perbanyak menggunakan rupiah

Semakin banyak kita menggunakan mata uang asing mana nilai tukar rupiah akan semakin anjlok. Bagi kalian yang memiliki mata uang dollar saat ini, alangkah baiknya ditukarkan ke rupiah dan bagi yang tidak punya dollar jangan beli dollar untuk saat ini.

3 . Pilih destinasi wisata dalam negeri

Bagi yang suka traveling, untuk saat ini lakukan destinasi wisata dalam negeri dulu. Karena jika jika melakukan destinasi wisata luar negeri kita harus menukarkan rupiah ke dollar dan itu merupakan salah satu faktor yang membuat rupiah semakin melemah.

4 . Investasi uang dalam negeri

Untuk kalian yang memiliki uang berlebih saatnya kita bantu pemerintah dengan cara menginvestasikan uang kalian di dalam negeri. Krisis yang terjadi di Turki dan Argentina membuat para investor asing menarik dana mereka dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Investor asing itu bisa digantikan oleh kita penduduk Indonesia, kita bisa bantu pemerintah untuk berhutang ke rakyatnya sendiri.

Sederhana bukan cara menguatkan rupiah ? yuk, kita bantu dari sekarang agar rupiah tidak lagi melemah kawan-kawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here