Cara Alami Menurunkan Kolesterol

0
29
source : everydayhealth.com

Dakonan.com – (Cara Alami Menurunkan Kolesterol). Kandungan kolesterol dalam tubuh memiliki fungsi yang sangat penting yaitu membentuk membran sel dan produksi hormon. Tapi segala apapun yang berlebihan tidaklah baik, sama halnya dengan kolesterol dalam tubuh jika berlebihan dapat menjadi masalah. 

Memiliki kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti meningkatkan resiko penyakit jantung dan juga stroke. Dalam dunia kedokteran sebenarnya dokter dapat memberikan statin untuk membantu menurunkan kolesterol. Namun statin memiliki efek samping seperti sakit kepala, kram otot dan mual.

Salah satu untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh adalah dengan cara menjaga pola hidup sehat dan berikut beberapa cara alami menurunkan kolesterol yang kami rangkum dari berbagai sumber. 

1 . Hindari Lemak Trans

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak jenuh. Kandungan lemak trans yang alami ada pada daging sapi, kambing dan beberapa produk dairy seperti susu dan keju. Namun saat banyak kandungan lemak trans buatan yang terdapat dalam beberapa bahan pangan seperti margarin, gorengan, minyak sayur dan beberapa makanan olahan kemasan tertentu. Produksi lemak trans buatan ini dibuat dengan proses yang disebut hidrogensi yaitu menambahkan zat hidrogen pada minyak sayur. Cara ini bertujuan untuk membuat makanan awet dan menambah cita rasa. 

2 . Konsumsi Serat Larut

Makanan kaya serat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)mengandung serat larut adalah seperti buah-buahan, biji-bijian, sayuran dan kacang-kacangan. Namun terlalu banyak mengkonsumsi serat larut juga dapat menyebabkan sembelit dan sakit perut. 

3 . Konsumsi Lemak Tak Jenuh Ganda

source : alodokter.com 

Omega-3 dan Omega-6 masuk dalam kategori lemak tak jenuh ganda, mengkonsumsi lemak ini dalam jumlah sedang dapat menurunkan kolesterol LDL tanpa mempengaruhi kadar kolesterol HDL. Jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda dapat kalian temukan dalam kenari, ikan salmon, ikan tuna, bunga matahari, dan jagung. 

4 . Berhenti Merokok

Merokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, terlebih lagi jika anda perokok dan mengalami kolesterol tinggi maka merokok dapat menurunkan kadar HDL dan peningkatan kolesterol total. 

5 . Rutin Berolahraga

source : theconversation.com

Rutin berolahraga ternyata selain meningkatkan kebugaran tubuh juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tetapi selain itu rutin berolahraga juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain berolahraga kalian bisa melakukan aktivitas yang melakukan banyak gerak seperti berangkat kerja memakai sepeda, lari, jalan kaki, bahkan senam aerobik di rumah juga bisa disebut sebagai olahraga. 

6 . Konsumsi Lemak Tak Jenuh Tunggal

Selain mengkonsumsi lemak tak jenuh ganda, banyak mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal juga dapat menurunkan kolesterol. Beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal adalah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, wijen dan bunga matahari.

Demikian beberapa cara alami untuk menurunkan kolesterol. Semoga bisa membantu bagi para pembaca yang mengalami kolesterol tinggi dan berusaha menurunkan kolesterol. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here