Biografi William Tanuwijaya – Pendiri Tokopedia

0
103

Dakonan.com – William Tanuwijaya, mungkin tidak banyak orang yang mengenal nama tersebut. Pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara 18 November 1981 ini adalah pendiri salah satu market place yang sering kita dengar yaitu Tokopedia. Bersama dengan Leontinus Alpha Edison, William yang merupakan mahasiswa lulusan BINUS mendirikan situs web Tokopedia.

Semenjak kecil hingga SMA ia sekolah di kampung halamannya. Setelah lulus SMA ia memberanikan diri mengadu nasib ke ibukota dan kuliah di salah satu Universitas Swasta di Jakarta yaitu BINUS (Bina Nusantara) jurusan Teknik Informatika. William sadar ia bukanlah dari keluarga yang bergelimang harta, maka dari ini untuk membiayai kuliah dan kehidupannya selama di Jakarta ia mencari pekerjaan sampingan. Ia juga pernah bekerja sebagai penjaga warnet. Meskipun sang kakek sempat memiliki bisnis namun bisnisnya bangkut dan keluarganya jatuh miskin. Walaupun bukan dari keluarga berada, namun keluarganya tetap mementingkan pendidikan karena itu ia menimba ilmu sampai ke ibukota. Prinsip William belajar bisa di kampus manapun tidak peduli swasta maupun negeri.

Setalah lulus dari pendidikannya di BINUS, ia kemudian bekerja kantoran di bidang pengembangan software. Namun lama kelamaan terbesit ide untuk mendirikan perusahaan internet sendiri. Karena sewaktu ia bekerja di warnet dahulu ia mulai jatuh hati dengan internet dan bermimpi untuk bekerja di google maupun facebook. Tapi sayangnya perusahaan tersebut belum memiliki kantor cabang di Indonesia.

Ide Mendirikan Tokopedia

Ide William untuk mendirikan Tokopedia muncul ketika ia menjadi moderator  dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli, hingga ia kemudian mulai terinpirasi dari hal tersebut untuk menciptakan startup baru yang kemudian ia namakan dengan tokopedia.

Pada tahun 2007, ia mewujudkan cita-citanya untuk mendirikan perusahaan sendiri dengan mendirikan Tokopedia dan mengandeng temannya Leontinus Alpha Edison. Untuk membangun tokopedia tersebut, William Tanuwijaya membutuhkan modal besar untuk idenya tersebut, namun keadaan makin sulit ketika ayahnya divonis penyakit kanker sehingga ia menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga.

Sadar bahwa idenya pasti berhasil, ia kemudian berusaha untuk mencari pendanaan atau modal untuk mengembangkan usahanya tersebut belajar dari Google dan Facebook didirikan melalui pendanaan untuk startup melalui perusahaan ventura (pemodal).

Selama dua tahun berusaha akhirnya atasan dari tempat ia bekerja memberikan modal sebesar 10%. Meski sempat diragukan, William mampu membuktikan kerja kerasnya dan jadilah ia sesukses sekarang. Tokopedia berdiri tahun 2009 dan terus berkembang hingga sebesar sekarang. Tujuan perusahaan tersebut adalah sebagai perantara perdagangan yang mempertemukan penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia dengan aman dan terpercaya.

Karier William Tanuwijaya

  • Game Developer, PT Boleh Net Indonesia, Juni 2003 – September 2003
  • Software Developer,  PT Signet Pratama, September 2003 – Mei 2004
  • Software Developer, PT Sqiva Sistem, Mei 2004 – Maret 2005
  • IT and Business Development Manager, PT Indocom Mediatama, Oktober 2006 – Desember 2008
  • Co-founder, CEO  PT Tokopedia, Januari 2009 – Saat ini

William Tanuwijaya telah membuktikan meskipun ia lulusan dari Universitas swasta, ia bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Semoga kisah William Tanuwijaya bisa menginspirasi kalian untuk semangat mewujudkan mimpi seperti kata Bung Karno “Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh maka akan jatuh diantara bintang-bintang”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here