Biografi Pavel Durov – Pendiri Telegram

0
25
source : instagram.com/durov

Dakonan.com(Biografi Pavel Durov – Pendiri Telegram). Pavel Durov adalah pria kelahiran Rusia yang merupakan pendiri salah satu aplikasi perpesanan pesaing dari Whatsapp yaitu Telegram Messenger. Selain Telegram Pavel Durov juga menciptakan jejaring sosial VKontakte(VK) yaitu jejaring sosial terbesar di Rusia. Namun Durov hanya menjabat sebagai CEO VK sampai dengan tahun 2014. 

Biodata Singkat Pavel Durov 

source : instagram.com/durov
  • Nama : Pavel Valeryevich Durov
  • Tempat lahir : Leningrad, Uni Soviet (kini St Petersburg, Rusia)
  • Tanggal lahir : 10 Oktober 1984
  • Orang Tua : Valery Durov (ayah) dan Albina Durova (ibu)
  • Profesi : CEO Telegram 

Kehidupan Pavel Durov

Pria yang lahir dari pasangan Valery Durov dan Albina Durova merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Durov memiliki kakak laki-laki bernama Nikolay Durov bersama kakaknya inilah ia mendirikan aplikasi perpesanan Telegram. 

Kecerdasan Durov ternyata diturunkan dari kedua orang tuanya. Ayahnya adalah seorang doktor ilmu filologi, penulis karya ilmiah seperti “Julius Caesar: a man and a writer” and “Nero: an actor on the throne”, kepala departemen filologi klasik fakultas filologi Universitas Negeri St. Petersburg dan ibunya adalah seorang profesor di universitas yang sama. 

Semasa kecil Pavel Durov pernah tinggal di Italia mengikuti ayahnya yang mendapat pekerjaan disana, dan ia menempuh pendidikan dasar di Italia. Dua tahun kemudian keluarga Durov kembali ke Rusia, dan pavel bersekolah di sekolah menengah. Setelah belajar selama 4 tahun, Pavel pindah ke D.K. Faddeev Academic Gymnasium, tempat ia mempelajari semua mata pelajaran secara mendalam, termasuk empat bahasa asing.

Bakat programming Durov sudah terlihat sejak ia berumur 11 tahun, saat itu ia berhasil meretas komputer karena akses masuk Durov ke komputer ditolak setelah ia melakukan kesalahan di sekolahnya. 

Setelah lulus Sekolah Menengah Atas, Pavel Durov masuk fakultas filologi Universitas Negeri St. Petersburg dengan gelar dalam bidang filologi dan terjemahan bahasa Inggris. Di universitas, Pavel Durov menjadi siswa terbaik dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, ia memenangkan diberbagai olimpiade diantaranya bidang linguistik, pemrograman dan desain. 

Tahun 2006 Pavel Durov lulus dari universitas dengan terhormat. Dan perlu digaris bawahi bahwa selama di universitas Durov dididik di fakultas militer dengan spesialisasi Propaganda and Psychological Warfare.

Pavel Durov dan VK

source : worldkings.org

Perusahaan yang berkantor di lantai lima dan enam Singer House, salah satu satu bangunan ikonik di pusat kota St Petersburg ini awal mula terciptanya VKontakte adalah ketika teman lama Durov yang sedang belajar di Amerika bernama Vyacheslav Mirilashvili memberi tahu bahwa jejaring sosial Facebook semakin populer dan membagikan pemikiran tentang hal ini. Akhirnya mereka mendapatkan ide untuk membuat analog jejaring sosial berbahasa Rusia. Disini Pavel Durov mengambil alih dibagian kreatif, sang kakak Nikolai Durov bagian teknis dan kedua temannya Vyacheslav Mirilashvili dan Lev Leviev mendukung proyek secara finansial. Pada  1 Oktober 2006 Pavel Durov dan kawan-kawan resmi mendaftarkan domain vkontakte.ru dan tepat tanggal 10 Oktober 2006 platform tersebut mulai beroperasi. 

Awalnya jejaring sosial ini hanya bisa mendaftar dengan undangan, tetapi pada bulan Desember 2006 pendaftaran bisa dilakukan oleh semua orang. Selama lebih dari setahun 3 juta pengguna telah menggunakan platform jejaring sosial Vkontakte ini. Pada tahun yang sama, jejaring sosial VKontakte menarik investor pertama, Yuri Milner, yang membeli 25% saham, yang kemudian dijual ke holding Mail.Ru Group.

Namun dalam perjalanannya, VKontakte terjadi perselisihan antara Pavel Durov dan Dmitry Grishin. Dmitry Grishin mengatakan bahwa holdingnya bermaksud untuk membeli semua saham VKontakte dan menggabungkannya dengan Odnoklassniki, jejaring sosial pesaing. Tetapi Durov tidak menyetujui hal tersebut, akibat hal tersebut Pavel Durov berselisih paham dengan mitranya Vyacheslav Mirilashvili dan Lev Leviev. Karena tanpa sepengetahuan Durov dan Mail.ru saham VKontakte sebesar 48% telah dijual ke dana investasi UCP. 

Akhirnya pada tahun 2014, Pavel Durov resmi meninggalkan VKontakte dan berhenti menjadi CEO VKontakte. 

Pavel Durov dan Telegram

source : callbell.eu

Setelah tidak berada lagi di VKontakte Durov bersaudara punya rencana cadangan. Mereka diam-diam mendirikan perusahaan di Buffalo, New York dan menembangkan beberapa karyawan setia VKontakte ke AS. Proyek rahasia tersebut adalah Telegram, aplikasi perpesanan terenkripsi yang membuat pemerintah kesulitan memata-matai penggunanya. 

Ide ini muncul ketika pasukan-pasukan khusus Rusia berada di rumah Durov dan ia tidak memiliki cara untuk menghubungi saudaranya Nikolai Durov. Selama dua tahun, saudaranya Nikolai Durov mengembangkan protokol enkripsi MTProto yang unik, yang menjadi fitur aplikasi. 

Dan pada Agustus 2013, versi resmi Telegram untuk iOS dirilis. Dua bulan setelahnya versi Android muncul, Klien desktop untuk Windows, MacOS, dan Linux kemudian muncul. Versi web Telegram mulai dikembangkan. 

Namun tidak semua negara menerima keberadaan Telegram. Telegram di blokir di Federasi Rusia, tidak hanya di Rusia tetapi juga di Iran dan China. Di negara-negara ini, pembawa pesan telah menjadi platform untuk oposisi, yang tidak terlalu senang dengan otoritas lokal.

Demikian biografi singkat mengenai Pavel Durov sang pendiri Telegram dan juga jejaring sosial VKontakte. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here