Biografi Kamala Harris – Wakil Presiden Amerika Serikat

0
30
source : Instagram.com/kamalaharris

Dakonan.com(Biografi Kamala Harris – Wakil Presiden Amerika Serikat). Kamala Devi Harris menjadi wanita kulit hitam pertama dan orang Amerika keturunan Asia yang menjadi wakil presiden Amerika Serikat. Kamala Harris bukanlah seorang keturunan Amerika Serikat tapi dia berdarah Jamaika dan India, Jamaika dari sang ayah dan India dari sang ibu. Ia terpilih menjadi wakil presiden Amerika Serikat ke-46 mendampingi Joe Biden untuk memimpin Amerika Serikat selama beberapa tahun kedepan. 

Biodata Singkat Kamala Harris

instagram.com/kamalaharris
  • Nama : Kamala Devi Harris 
  • Tempat Lahir : Oakland, California
  • Tanggal Lahir : 20 Oktober 1964
  • Jabatan : Wakil Presiden Amerika 
  • Orang Tua : Donald J. Harris(ayah) dan Shyamala Gopalan(ibu)
  • Suami : Douglas Emhoff
  • Pendidikan : University of California Hastings College of Law, Howard University

Masa Muda Kamala Harris

Kamala Harris lahir dari pasangan Donald J. Harris dan Shyamala Gopalan. Ia lahir dari keluarga yang berpendidikan, ibunya beremigrasi dari India untuk kuliah di University of California dan menjadi peneliti kanker payudara. Sedangkan ayahnya adalah seorang profesor di Stanford University. Ibu Harris membesarkannya dalam kepercayaan Hindu dan membawanya ke negara asalnya setiap beberapa tahun. Namun sayangnya kedua orang tua Harris memutuskan bercerai ketika Harris berumur 12 tahun, kemudian ibunya membawa Harris dan saudara perempuannya pindah ke Montreal, Quebec, Kanada. Di Quebec lah Harris mulai menunjukkan naluri berpolitiknya dengan mengorganisir protes terhadap pemilik bangunan yang melarang anak-anak tetangga untuk bermain di halaman. 

Kamala Harris menikah dengan Douglas Emhoff pada 22 Agustus 2014 di Santa Barbara, California. Dari pernikahannya dengan Douglas Emhoff ia dikaruniai 2 orang anak yaitu Ella dan Cole. 

Awal Karir Kamala Harris 

Harris mengawali karirnya setelah lulus dari University of California dengan menjadi wakil jaksa wilayah di Alameda County. Pada tahun 1998 dia menjadi pengacara pengelola Unit Kriminal di Distrik San Fransisco dan tahun 2000 ia menjadi kepala Divisi Komunitas dan Lingkungan.

Tahun 2003 Harris menjadi Jaksa wilayah San Fransisco Mengalahkan mantan bosnya Terence Hallinan. Tahun 2010 ia menjadi Jaksa Agung California dan menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang menjabat posisi tersebut. 

Tahun 2016 Harris dengan mudah duduk di kursi Senat AS dari California mengalahkan Loretta Sanchez. Ia menjadi orang Ameria Asia pertama yang masuk Senat. 

Dalam wawancara bersama Martin Luther King Jr. Day di Good Morning America pada 21 Januari 2019 Harris mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan diri menjadi presiden Amerika Serikat 2020. Namun sayangnya pada awal Desember 2019 ia mengumumkan dia mengakhiri kampanye kepresidenannya yang dulu menjanjikan.

Akan tetapi pada 1 Agustus 2020, calon presiden Biden mengumumkan bahwa ia memilih mantan saingannya Harris sebagai pasangannya. 

Kini Joe Biden dan Kamala Haris terpilih sebagai presiden dan wakil presiden Amerika Serikat ke-46 dan akan memimpin AS selama beberapa tahun kedepan menggantikan Donald Trump. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here