Biografi Jack Ma – Pendiri Alibaba

0
93

Dakonan.com – Jack Ma merupakan miliarder dari China. Pendiri dari situs Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Jack Ma merupakan orang pertama dari Tiongkok yang berhasil muncul di majalah Forbes. Saat ini kekayaan Jack Ma berada diurutan 33 menurut Forbes dan pada tahun 2015 dia juga ditetapkan sebagai orang berpengaruh didunia pada urutan 22.

Riwayat hidup Jack Ma

Jack Ma atau Ma Yun lahir pada tanggal 15 Oktober 1964, di Hangzhou, provinsi Zhejiang, China. Ia lahir dari keluarga dari ekonomi lemah, orangtuanya merupaka seorang pendongeng ayahnya sendiri hanya seorang pensiunan dengan gaji perbulan Rp 500.000 untuk menghidupi keluarganya.

Saat kecil Jack Ma sudah sering ditolak disekolah, bahkan saat sekolah dasar dia sudah menerima penolakan karena nilai matematikanya yang tidak terlalu baik. Tapi Ma tidak menyerah begitu saja sejak usia 12 sampai 20 tahun ia mengendarai sepedanya selama 40 menit ke hotel tempat dimana dapat belajar bahasa inggris. Selama bersosialisasi bersama turis benar-benar mengubah pandangan hidupnya. Ia berpikir secara global dibandingkan penduduk China lainnya.

Selanjutkan Ma melanjutkan pendidikannya di Hangzhou Teacher Institute(saat ini dikenal dengan Hangzhou Normal University). Setelah lulus dari universitas pada tahun 1988 dengan gelar Sarjana bidang Bahasa Inggris, Ma kemudian melamar diberbagai perusahaan dan semuanya ditolak . Dari mulai mendaftar sebagai polisi Ma ditolak dengan alasan dia tidak bagus dalam bidang ini, kemudian di KFC dari 24 orang yang mendaftar 23 diantaranya diterima dan 1 tidak, 1 orang yang tidak diterima tersebut adalah Jack Ma. Dia juga 10 kali mendaftar diharvard dan ditolak. Ketika semua lamaran Ma ditolak dia tidak berputus asa, Ia kemudian memutuskan untuk menjadi guru Bahasa Inggris dengan gaji yang kecil yaitu sekitar 100-120 renminbi(114.000-142.500 rupiah perbulan).

Awal mula Jack Ma tahu mengenai internet pada tahun 1995 , dia mencari kata Beer tapi tidak ada satupun hasil yang ia temukan Beer dari China. Dari hasil tersebutkan Jack Ma kemudian berinisiatif membuat laman website untuk terjemahan bahasa China.

Pada tahun 1995 Ma mendirikan laman website tentang indeks bisnis Tiongkok dengan nama China Pages, website tersebut merupakan perusahaan berbasis online pertama di Tiongkok. Kemudian pada tahun 1997, ia meninggalkan China Pages untuk bergabung bersama pemerintahan.

Berdirinya Alibaba.com

Alibaba.com adalah sebuah layanan e-commerce yang berfokus pada B2B e-commerce untuk menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah.

Situs ini dinamai Alibaba karena pengucapannya yang mudah dan bisa diucapkan oleh orang dari berbagai negara. Alibaba sendiri adalah kata yang digunakan untuk membuka peti harta karun dalam permainan game. Sementara itu, logi Alibaba juga memiliki arti dan makna tersembunyi. Logo Alibaba yang begitu dominan warna orange ini menggambarkan antusiasme dan semangat. Sementara itu, pada huruf a yang digambarkan seperti karakter wajah orang tersenyum menghadap sebelah kiri itu maksudnya adalah harapan perusahaan akan kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan gambar orang tersenyum.

Didalam Alibaba Group ada Alibaba.com , Taobao Marketplace dan Tmall.com. Ketiga situs itu saat ini benar-benar mendominasi situs-situs e-commerce di China.

Pada tahun 2005, Alibaba sukses IPO dengan nilai saham pertama yang tinggi. Dalam semalam Jack Ma orang orang yang bukan siapa-siapa langsung menjadi orang terkaya no 1 di China. From Zero to Hero

Kini Alibaba menjadi situs e-commerce terbesar kedua setelah Wal-mart dan tentu nomor 1 di China. Jack Ma sendiri menjadi orang terkaya no 33 menurut Forbes dengan kekayaan mencapai $20,5 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here