Biografi J.K Rowling – Penulis Novel Harry Potter

0
140
source : instagram.com/jkrowlingweb

Dakonan.com(Biografi J.K Rowling – Penulis Novel Harry Potter). Bagi penggemar novel Harry Potter pasti tidak asing dengan sosok J.K Rowling. Ia adalah salah satu penulis novel terkenal di dunia lantaran karya-karyanya sangat digemari oleh banyak orang. Novel karya J.K Rowling juga menjadikan ia menjadi salah satu wanita terkaya di dunia. 

Profil Singkat J.K Rowling 

  • Nama : Joanne Kathleen Rowling
  • Tempat Lahir : Yate, Inggris
  • Tanggal Lahir : 31 Juli 1965 
  • Orang Tua : Peter Rowling(Ayah), Anne Volant Rowling(Ibu)
  • Pasangan : Jorge Arantes(cerai), Neil Murray 
  • Anak : Jessica Isabel Rowling Arantes(1993), David Gordon Rowling Murray(2003), Mackenzie Jean Rowling Murray(2005), 
  • Profesi : Penulis Novel Harry Potter
  • Pendidikan : 
    • St Michael’s Primary School in Winterbourne
    • Wyedean School and College
    • University of Exeter

Kehidupan J.K Rowling

Joanne Rowling merupakan wanita yang terlahir dari pasangan Peter Rowling dan Anne Volant. Ia lahir pada 31 Juli 1965 di Rumah Sakit Umum Yate dekat Bristol dan dibesarkan di Gloucestershire. Ayah Joanne adalah seorang insinyur pesawat di Roll Royce di Bristol sedangkan ibunya adalah seorang teknisi sains di departemen Kimia di Wyedean Comprehensive. 

Setelah selesai menempuh pendidikan di Bachelor of Arts University of Exeter, Joanne Rowling memutuskan untuk pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar bahasa Inggris. Di Portugal lah ia bertemu dengan Jorge Arantes yang merupakan seorang jurnalis Portugis dan menikah dengan Jorge Arantes pada tahun 1992. Dari pernikahannya ia dikaruniai seorang putri yang lahir pada tahun 1993 dan diberi nama Jessica. Namun sayang pernikahan Rowling dengan Arantes harus berakhir dengan perceraian pada akhir tahun 1993. Setelah pernikahannya berakhir Rowling memutuskan untuk pindah ke Edinburgh bersama Jessica dan tinggal dekat dengan adik perempuannya. 

Perjalanan Novel Harry Potter

Menjadi ibu tunggal untuk putrinya Jessica, ia harus hidup dalam serba kekurangan. Dalam kondisi inilah Rowling mulai menulis seri pertama Harry Potter, ide ini muncul ketika ia melakukan perjalanan dari Manchester ke London dengan menggunakan kereta api tahun 1990. 

Semasa perjuangannya menulis Rowling mengalami berbagai macam kesulitan mulai dari tidak memiliki komputer, tidak ada uang untuk membayar fotokopi maka terpaksa harus mengetik ulang naskah untuk diberikan ke beberapa penerbit. Tidak berhenti sampai disitu naskah Harry Potter seri pertama tidak serta merta diterima langsung oleh penerbit. Naskah Jo ditolak oleh 12 penerbit dan penerbit ke-13 yang akhirnya menerima naskahnya dan mulai memasarkannya. 

Setelah mengalami berbagai macam kesulitan akhirnya titik terang kehidupan Jo mulai terlihat, novel Harry Potter seri pertama yang berjudul “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” berhasil terjual sebanyak $4000. 

Buku seri kedua Harry Potter rilis pada Juli 1998 dengan judul “Harry Potter and the Chamber of Secrets”. Pada musim panas tahun 1999 seri ketiga Harry Potter yang berjudul “Harry Potter and the Prisoner of Azkaban” habis terjual. Selama tiga tahun ketiga seri Harry Potter telah menghasilkan $480 juta dan dicetak lebih dari 35 juta eksemplar dalam 35 bahasa. 

Seri keempat Harry Potter yang berjudul “‘Harry Potter and the Goblet of Fire” yang rilis tahun 2000 menjadi buku dengan penjualan paling laris dengan pesanan lebih dari 1,8 juta dan dicetak pertama kali sebanyak 5,3 juta. 

Setelah tertunda dengan tanggal perilisan edisi kelima akhirnya “Harry Potter and the Order of the Phoenix” rilis pada Juni 2003. Edisi keenam rilis 2 tahun setelahnya yaitu Juli 2005 dengan judul “Harry Potter and the Half-Blood Prince”

“Harry Potter and the Deathly Hallows” merupakan edisi terakhir dari buku Harry Potter, Jo memutuskan untuk tidak meneruskan lagi untuk menulis seri tersebut. Buku ini juga menjadi buku preorder terbesar di toko buku Barnes & Noble and Borders dan di Amazon.com. 

Sukses dengan edisi pertama “Harry Potter and the Chamber of Secrets” diangkat kelayar lebar dan tayang pada 16 November 2001, di AS sendiri penayangan film ini mencapai keuntungan 93,5 juta dollar mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang The Lost World : Jurassic Park. 

Gagal dengan pernikahan pertama tidak membuat J.K Rowling enggan menikah kembali. Pada 26 Desember 2001 Rowling menikah dengan Dr. Neil Murray di Skotlandia dan dikaruniai 2 anak yaitu David Gordon Rowling Murray(2003), Mackenzie Jean Rowling Murray(2005). 

Demikian sedikit rangkuman biografi J.K Rowling sang penulis buku seri Harry Potter dan juga salah satu wanita terkaya di dunia. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here