Biografi Halimah Yacob “Presiden Wanita Pertama Singapura”

0
88

Dakonan.com – Halimah Yacob seorang politikus Singapura yang kini menjabat sebagai Presiden Singapura. Dia merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai presiden di Singapura tidak hanya itu dia juga presiden muslimah yang menjabat di negara dengan penduduk mayoritas beretnis China.

Profil Singkat

  • Nama : Halimah Yacob
  • Tempat dan tanggal lahir : Singapura, 23 Agustus 1954
  • Kebangsaan : Singapura
  • Agama : Islam
  • Suami : Mohammed Abdullah Alhabshee
  • Profesi : Presiden Singapura

Halimah Yacob, wanita kelahiran Singapura 23 Agustus 1954 berasal dari ayah keturunan India dan ibu keturunan melayu. Halimah kehilangan ayahnya ketika ia berusia 8 tahun, kemudian ia dibesarkan oleh ibunya bersama dengan keempat saudara laki-lakinya. Semasa kecil ia bekerja keras membantu ibunya untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berjualan nasi padang di sekitar jalan Shenton Way, Singapura dengan menggunakan gerobak.

Semasa sekolah Halimah menempuh pendidikan SMP di Singapore Chinese Girls’ School, sebuah sekolah khusus anak perempuan yang kebanyakan beretnis China kemudian melanjutkan SMA di Tanjong katong girls’ school. Setelah menamatkan masa SMA ia bertekad melanjutkan kuliah dan ia berhasil diterima jurusan hukum di National University of Singapore (NUS). Namun Halimah tidak mempunyai uang untuk membiayai kuliahnya, tetapi karena kecerdasannya ia berhasil mendapatkan beasiswa dari Islamic Religious Council of Singapore.

Setelah lulus kuliah pada tahun 1987, Halimah Yacob kemudian bergabung dengan National Trades Union Congress (NTUC) di divisi hukum. Ia memperjuangkan hak-hak para pekerja/buruh di Singapura.

Sementara itu Sebelum menjabat sebagai presiden Singapura Halimah Yacob merupakan anggota Ketua Parlemen Singapura pada masa 2013-1017. Halimah juga pernah menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga pada tahun 2011-2013.

Halimah resmi terpilih sebagai Presiden Singapura setelah kandidat lainnya yaitu Mohammed Saleh Marican dan Farid Khan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon presiden Singapura. Dan berdasarkan undang-undang Singapura kali ini Presiden kali ini hanya boleh berasal dari etnis Melayu.

Halimah resmi menjabat sebagai presiden Singapura setelah resmi diambil sumpahnya pada tanggal 13 september 2017.

Demikian artikel tentang Biografi Halimah Yacob “Presiden Wanita Pertama Singapura”, semoga untuk wanita-wanita yang lain bisa menginspirasi bahwa tidak ada batasan untuk berkarier setinggi apapun sekalipun itu gender .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here