Biodata Kevin Sanjaya – Atlet Bulu Tangkis Indonesia

0
132
source : instagram.com/kevin_sanjaya

Dakonan.com(Biodata Kevin Sanjaya – Atlet Bulu Tangkis Indonesia). Kevin Sanjaya merupakan salah satu atlet bulu tangkis Indonesia yang berasal dari Banyuwangi. Namanya mulai terdengar luas ketika ia berhasil memenangkan pertandingan bulu tangkis ganda campuran pada ajang Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Indonesia pada Agustus 2018. 

Profil Singkat Kevin Sanjaya

source : instagram.com/kevin_sanjaya
  • Nama : Kevin Sanjaya Sukamuljo
  • Tempat dan tanggal lahir : Banyuwangi, 2 Agustus 1995
  • Agama : Kristen Protestan
  • Orang tua : Sugiarto Sukamuljo (Ayah) dan Winartin Niawati (Ibu)
  • Profesi : Atlet Bulu Tangkis

Masa Kecil Kevin Sanjaya

Laki-laki kelahiran Banyuwangi, 2 Agustus 1995 ini merupakan anak dari pasangan Sugiarto Sukamuljo (Ayah) dan Winartin Niawati (Ibu). salah satu putra daerah asal Jawa Timur yang membawa nama baik Indonesia dalam dunia olahraga. Kevin merupakan anak kedua dari dua bersaudara. 

Bakat badminton Kevin ternyata tidak lepas dari kedua orangtuanya, kedua orang tua Kevin merupakan pecinta olahraga. Sang ibu gemar bermain voli dan sang ayah gemar bermain badminton. Sejak kecil Kevin sudah suka menonton pertandingan badminton bersama dengan ayahnya. 

Saat memasuki bangku sekolah TK cara bermain badminton Kevin sudah seperti orang dewasa lainnya, sehingga sang ayah berinisiatif untuk mencarikan Kevin pelatih agar memahami dasar-dasar badminton dan bakatnya terasah dengan baik. Dalam seminggu Kevin harus bolak-balik Banyuwangi-Jember untuk berlatih badminton. Ayahnya rela mengantarkan Kevin meskipun jarak yang harus ditempuh sekitar 2,5 jam. Di Jember Kevin bergabung dengan klub bulu tangkis PB Putra 46 Jember. Setelah dirasa kemampuan Kevin cukup baik ayahnya memindahkan Kevin ke pelatih lokal Banyuwangi.

Perjalanan Karier Kevin Sanjaya

Kevin merupakan jebolan PB Djarum Kudus, ia mengikuti audisi tahun 2006 namun ia gagal. Tidak berhenti sampai disitu tahun 2007 ia kembali lagi mengikuti audisi dan berhasil bergabung dengan PB Djarum. 

Bakat Kevin dalam badminton memang cemerlang namun untuk sektor tunggal kurang terlihat bagus. Akhirnya tahun 2010 sang pelatih memutuskan untuk mengarahkan ke sektor ganda. Dalam sektor ganda inilah dapat mengantarkan Kevin Sanjaya ke Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta tahun 2013. 

Sebelum berpasangan dengan Marcus Gideon, Kevin pernah beberapa kali berganti pasangan diantaranya Lukhi Apri Nugroho, Selvanus Geh. Kevin bahkan pernah mencoba sektor ganda campuran berpasangan dengan Greysia Polii dan Masita Mahmudin. 

Tahun 2011 berpasangan dengan Kevin Sanjaya-Lukhi Apri Nugroho berhasil meraih medali perak dalam kompetisi Singapore International Series. Selain itu ia juga mengikuti beberapa kejuaraan seperti Bankaltim Indonesia Open GP Gold 2011  dan BWF World Junior Championship 2011.

Dalam sektor ganda campuran Kevin Sanjaya-Masita Mahmudin berhasil mendapatkan medali perak dalam Kejuaraan Dunia Junior BWF yang diadakan di Bangkok, Thailand tahun 2013. 

Sekain Masita Mahmudin, Greysia Polii juga pernah menjadi pasangan Kevin Sanjaya. Sewaktu ajang Indonesia Open yang diadakan tahun 2014 pasangan ini pernah mengalahkan pasangan asal Tiongkok pada babak pertama. Namun, perjuangan mereka harus berhenti pada babak 16 besar karena dikalahkan oleh pasangan asal Korea Selatan. 

Pasangan Kevin Sanjaya hingga saat ini adalah Marcus Gideon, mereka berdua mendapat julukan “Minions”. Sejak dipasangkan dengan Marcus Gideon, karier badminton Kevin menjadi semakin cemerlang. Pasangan ganda putra Kevin-Marcus berhasil menyabet juara dalam berbagai ajang pertandingan badminton. Bahkan Kevin-Marcus menjadi pasangan peringkat pertama dunia di sektor ganda putra. 

Demikian biodata singkat mengenai Kevin Sanjaya sang atlet badminton asal Banyuwangi, Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here