Apa itu Vaksin MR ? Pentingkah untuk Tubuh ?

0
58

Dakonan.com – Bulan Agustus dan September ini, pemerintah menyelenggarakan kampanye pemberian imunisasi Campak dan Rubella ke sekolah-sekolah. Mungkin banyak yang belum tahu mengenai Campak dan Rubella. Kenapa harus ada Vaksin MR? Pentingkah?

Selama satu dekade berturut-turut pada tahun 1912, sebanyak 6000 kematian dilaporkan tiap tahun di Amerika Serikat akibat penyakit Campak dan Rubella. Seribu tahun sebelumnya, Muhammad ibn Zakariya ar-Razi atau Rhazes, seorang filsuf dan dokter dari Persia, dalam “The Book of Smallpox and Measles” (in Arabic: Kitab fi al-jadari wa-al-hasbah) pernah menggambarkan campak sebagai penyakit yang “lebih ditakuti daripada cacar”.

Campak (Measles) dan Rubella menyakit infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan virus. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksin Campak dan Rubella atau yang belum pernah mengalamipenyakit ini beresiko tertular tinggi.

Gejala Penyakit Campak dan Rubella

Gejala rubella pada anak-anak cenderung lebih ringan daripada orang dewasa. Namun ada juga yang tidak mengalami gejala tetap bisa menularkan virus rubella. Penyakit ini umumnya membutuhkan waktu sekitar 14-21 hari sejak terjadi pajanan sampai menimbulkan gejala. Berikut gejala umum Rubella :

  • Sakit Kepala.
  • Gidung tersumbat atau pilek.
  • Demam.
  • Tidak nafsu makan.
  • Mata merah.
  • Pembengkakan kelenjar limfa pada telinga dan leher.
  • Ruam berbentuk bintik-bintik kemerahan yang awalnya muncul di wajah lalu menyebar ke badan, tangan, dan kaki. Ruam ini umumnya berlangsung selama 1-3 hari.
  • Nyeri pada sendi, terutama pada penderita remaja wanita.

Ketiak terinfeksi virus akan menyebar ke tubuh dalam waktu 5hari-1minggu. Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala tersebut segera periksakanlah kedokter.

Bahaya dari penyakit Campak

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru peunomia, radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. ubella sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya. Siapapun yang tidak divaksinasi terhadap Campak Jerman berisiko terkena penyakit ini. Virus ini paling berbahaya jika ibu hamil terinfeksi pada awal kehamilan, terutama pada 12 minggu pertama (trimester pertama), dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Penanganan jika terserang Campak

Campak tidak membutuhkan penanganan medis khusus. Pengobatan dapat dilakukan di rumah dengan langkah-langkah sederhana. Tujuannya adalah untuk meringankan gejala, namun bukan untuk mempercepat penyembuhan rubella. Berikut ini sejumlah langkah sederhana yang dapat dilakukan.

  • Beristirahat sebanyak mungkin
  • Minum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi
  • Konsumsi paracetamol untuk menggurangi nyeri dan meredakan demam

Sebenarnya Campak dapat dicegah dengan pemberian Vaksin MR. Apa itu Vaksin MR ? Vaksin MR adalah kombinasi vaksin Campak atau Measles(M) dan Rubella(R) untuk perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, tetapi penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

Sekarang tahu kan manfaat dari Vaksin MR ? Nah, bagi para ayah dan bunda yang anaknya umur 9 bulan-15 tahun belum menerima Vaksin MR segera ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan Vaksin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here