Apa itu Listeriosis ?

0
131

Dakonan.com(Apa itu Listeriosis?). Listeriosis adalah infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes. Orang yang terkena penyakit Listeriosis biasanya terjadi setelah mereka mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria

Belum lama ini wabah Listeria telah menyerang beberapa orang di beberapa negara yang disebabkan oleh jamur enoki. Faktanya bakteri Listeria bukanlah bakteri khusus pada Jamur Enoki, namun bakteri yang ada dimana-mana termasuk di Air dan Tanah. 

Sebenarnya siapapun bisa terinfeksi Listeriosis, namun Listeriosis dapat menjadi semakin serius jika menyerang ibu hamil, bayi yang baru lahir, lansia dan orang dengan sistem imun yang rendah. 

Gejala-gejala Listeria

Gejala awal terinfeksi bakteri Listeria tidak begitu jelas karena hampir seperti penyakit-penyakit pada umumnya. Karena masa inkubasi bakteri Listeria berkisar antara 11-70 setelah mengkonsumsi makanan yang terserang bakteri Listeria. Namun untuk gejala-gejala berikut ini merupakan gejala dengan masa inkubasi 1-3 hari, seperti : 

  1. Nyeri otot
  2. Demam
  3. Gejala seperti flu
  4. Diare
  5. Mual

Tetapi jika bakteri Listeria menyerang sistem saraf kondisi pasien akan semakin buruk, seperti :

  1. Sakit kepala
  2. Tremor dan kejang-kejang
  3. Leher kaku
  4. Kehilangan keseimbangan

Kondisi tersebut akan semakin parah jika bakteri Listeriosis menyebar ke otak dan hasilnya bisa parah termasuk : 

  1. Peradangan otak
  2. Penumpukan nanah di otak
  3. Radang selaput otak
  4. Kelumpuhan saraf kranial

Penyebab Listeria

Penyebab terinfeksi bakteri Listeriosis adalah ketika kita menyantap makanan yang terkontaminasi dengan bakteri Listeria. Bakteri Listeria tidak hanya ditemukan di dalam makanan namun dapat ditemukan di air dan tanah.

Belum lama ini wabah Listeria telah menyerang Amerika, Kanada, dan Australia dari Jamur Enoki. Menurut Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes (Cht, Isantik, ZIN, Nutrisionis) Ketika jamur enoki yang mengandung listeria melebihi ambang batas, dipanaskan pada suhu >70 , maka bakteri Listeria itu akan mati. Namun, kita bisa terinfeksi bakteri ini saat proses pengolahan atau saat mengkonsumsi makanan yang disimpan berdekatan dengan jamur enoki.

Selain itu bakteri Listeria juga dapat terkandung di beberapa makanan seperti daging mentah, produk susu dan makanan olahan. 

Pengobatan Listeria

Untuk pengobatan Listeria sendiri bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan gejalanya. Untuk orang dengan gejala ringan tidak memerlukan perawatan, sedangkan untuk orang yang memiliki gejala lebih serius dapat diberikan antibiotik. 

Untuk kalian semua mari jaga kesehatan dengan mencuci makanan dan sayuran yang akan dikonsumsi, mencuci peralatan dapur dan makanan dengan sabun, dan jika kalian memiliki gejala-gejala seperti diatas segera hubungi dokter dan ceritakan dengan jujur agar mendapat penanganan yang tepat. Salam Sehat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here