Aneka Mie Khas Korea yang Wajib Dicoba

0
159
source : uprint.id

Dakonan.com – (Aneka Mie Khas Korea yang Wajib Dicoba). Bagi pecinta drama Korea pasti tidak asing lagi dengan makanan-makanan yang sering muncul dalam drama. Selain destinasi wisata dan fashion, kuliner khas Korea juga wajib kalian coba jika kalian berkesempatan untuk berlibur ke Korea

Makanan khas negeri gingseng ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri. Salah satu makanan yang wajib kalian coba yaitu mie, di Korea ada berbagai macam olahan mie yang menggiurkan. Bukan hanya ramyeon tapi olahan mie tradisional Korea juga tak kalah lezat. 

Berikut beberapa olahan mie yang wajib kalian coba. 

1 . Jajangmyeon

source : englishspectrum.com

 

Jajangmyeon adalah hidangan mie yang disiram dengan saus kacang hitam. Jajangmyeon merupakan masakan Korea-Cina yang dikembangkan oleh imigran Cina awal di Korea. Saus jajangmyeon sendiri bernama chunjang yang merupakan pasta kacang hitam yang terbuat dari tepung terigu, kedelai dan saus karamel yang difermentasi. Biasanya saus dalam jajangmyeon ditambah isian seperti daging babi, bawang bombay, zucchini, dan kentang sebagai pelengkap hidangan. Namun untuk dagingnya tidak selalu harus menggunakan daging babi, bisa diganti dengan ayam maupun sapi bahkan bisa juga menggunakan makanan laut. 

2 . Japchae

source : betweentwoforks.com

Jika di Indonesia kalian pernah melihat atau memakan mie soun goreng, Japchae tidak jauh berbeda dengan menu tersebut. Namun untuk mienya sendiri merupakan mie tepung ubi jalar. Japchae dihidangkan dengan mencampurkan berbagai macam sayuran seperti wortel, jamur, bawang, daun bawang dan bahkan biasa ditambah dengan daging sapi/ babi yang kemudian ditumis menggunakan minyak wijen. 

3 . Bibim Guksu

source : bibigousa.com

Bibim Guksu hidangan mie yang disajikan dengan tambahan berbagai macam sayur seperti daun bawang, lobak, paprika, tauge, dan selada air yang kemudian dibumbui saus cabai yang pedas, manis, dan tajam. Hidangan ini disajikan dalam kondisi kering menyerupai salad. 

4 . Naengmyeon

source : seonkyounglongest.com

Jika kebanyakan mie disajikan dalam kondisi panas, berbeda dengan hidangan yang satu ini. Naengmyeon merupakan hidangan mie yang disajikan dalam kondisi dingin dan juga mie dingin yang paling digemari saat musim panas. Naengmyeon adalah masakan Korea Utara yang populer di Korea Selatan setelah perang Korea. 

Naengmyeon sendiri ada 2 jenis yaitu mul naengmyeon dari kaldu daging dan bibim naengmyeon tanpa kuah. 

5 . Ramyeon

source : big.com.my

Jika di Jepang bernama ramen, lain halnya di Korea yang bernama ramyeon. Ramyeon di sajikan selagi panas dan memiliki kuah yang sangat pedas karena itu merupakan salah satu ciri khas ramyeon. Ramyeon juga cocok dimakan ketika cuaca hujan maupun musim dingin ditambah dengan daging dan sayuran. Kimchi juga pasangan yang cocok untuk menikmati semangkuk ramyeon. 

6 . Milmyeon

source : kstarnews.co.id

Salah satu hidangan mie khas kota Busan, salah satu kota yang ada di Korea Selatan. Mie ini pertama kali muncul setelah perang Korea dimana banyak orang Korea Utara yang melarikan diri ke Busan. Hidangan ini biasanya menggabungkan kaldu dingin dengan mie gandum, dan untuk toppingnya sendiri menggunakan telur rebus, lobak, mentimun dan daging sapi. 

Milmyeon ada 2 versi yaitu milmyeon kaldu dingin (mul milmyeon) atau dengan pasta pedas berbasis gochujang (bibim milmyeon). 

7 . Budae Jjigae

source : beyondkimchee.com

Budae Jjigae merupakan salah satu hidangan hot pot Korea yang terdiri dari campuran mie, sosis, daging ham, kacang panjang kaleng, dan keju kalengan. Memasak budae jjigae tergolong mudah, yaitu hanya memasukkan semua bahan-bahannya setelah memasak kaldu dan bumbu-bumbunya. 

8 . Kongguksu

source : jamesstrange.com

Hidangan mie yang disajikan dengan kuah susu kedelai. Kongguksu merupakan sajian yang cocok dinikmati saat musim panas karena memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan. 

9 . Jjampong

source : kimchiebasilico.it

Jajangmyeon dan Jjampong pada dasarnya menggunakan mie yang sama yaitu terbuat dari tepung gandum. Jika Jajangmyeon menggunakan saus kacang hitam berbeda dengan Jjampong yang merupakan mie berkuah pedas. Semangkuk Jjampong disajikan dengan isian berbagai topping diantaranya makanan laut seperti kerang, udang, dan cumi-cumi. Untuk kuah jjampong biasanya dibuat menggunakan kaldu ayam, namun untuk rasa yang ringan bisa menggunakan kaldu ikan teri. 

Itulah beberapa kuliner khas Korea yang berasal dari olahan mie. Jadi bagaimana adakah yang pernah kalian coba dan yang menjadi favorit kalian? 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here