7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

0
59

Dakonan.com – Bagi para ibu hamil menjaga pola makan agar janin tumbuh sehat dan baik sangat dianjurkan. Ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk makan 2 kali lipat lebih banyak dengan alasan sedang berbadan dua yang benar adalah makan makanan 2 kali lebih bergizi. Selain itu beberapa pantangan makanan juga harus dihindari untuk ibu hamil.

Berikut beberapa makanan ibu hamil untuk melengkapi nutrisi selama masa kehamilan :

1 . Salmon

foto : naturalnews

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon sangat baik untuk membantu perkembangan otak bayi.  Ikan salmon bisa dimasak dengan berbagai macam olahan, namun untuk ibu hamil hindari penggunaan MSG atau bahan kimia lainnya saat memasak ikan salmon. Untuk ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon setiap minggunya.

2 . Telur

foto : sahabat dapur

Bahan makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Telur juga kaya akan manfaat dan vitamin. Selain sebagai sumber folat dan zat besi, telur juga mengandung choline yang baik untuk perkembangan otak sekaligus membantu mengurangi resiko cacat saraf pada janin.

3 . Sayuran hijau

foto : dokter sehat

Sayuran hijau sangat bermanfaat bagi semua orang terlebih lagi untuk ibu hamil. Sayuran seperti bayam, brokoli, sawi sangat penting dikonsumsi karena mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung diantaranya antioksidan, vitamin A, kalsium, potasium dan tinggi serat.

4 . Ubi

foto : mancing mania

Kandungan vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi serta betakaroten pada ubi sangat baik untuk perkembangan mata, tulang dan kulit bayi.

5 . Kacang

foto : maicih

Kacang bisa mengurangi resiko kelahiran bayi prematur dan berat lahir rendah karena kacang memiliki kandungan protein, zat besi, asam folat, kalium, magnesium, dan asam lemak esensial. Selain itu kacang juga membantu meringankan keluhan sakit, seperti sembelit dan wasir.

6 . Produk Olahan Susu

foto : hallo sehat

Produk olahan susu seperti yogurt sangat baik untuk ibu hamil karena yogurt mengandung sedikit lebih banyak kalsium daripada susu. Ditambah lagi yogurt kaya anak nutrisi seperti vitamin B dan zat besi.

7 . Daging

foto : prosehat

Daging yang baik untuk ibu hamil yaitu daging tanpa lemak. Dengan kandungan vitamin B12 pada daging dapat membantu menjaga kesehatan syaraf dan sel darah merah.

Demikian beberapa makanan untuk nutrisi ibu hamil agar bayi sehat. Dan buat para bunda-bunda silahkan menikmati masa kehamilan , juga selamat menunggu kelahiran buah hati ❤️

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here